Disebut Bikin Gaduh Umat Beragama, Eggi Sudjana Dilaporkan Ke Polisi!

0
621
Eggi Sudjana
Copyright ©tribunnews

Disebut Bikin Gaduh Umat Beragama, Eggi Sudjana Dilaporkan Ke Polisi!

Indowarta.com – Kali ini pengacara Eggi Sudjana harus berurusan dengan pihak berwajib karena dianggap membuat gaduh umat beragama. Dia dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh ketua DPN Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia, Sures Umar pada Kamis, 5 Oktober 2017.

Eggi Sudjana dilaporkan karena dianggap menyebarkan ujaran kebencian terkait dengan agama tetentu. ‘Dari statement yang diberikan Pak Eggi agak mengganggu kebhinekaan kita sebagai warga Indonesia’ ujar Sures ketika dihubingi Kamis malam, 5 Oktober 2017.

Laporan ini dibuat dengan tuduhan Eggi telah menyebarkan informasi yang dinilai bertujuan menyebabkan rasa kebencian ataupun permusuhan. Informasi yang disebarkannya dianggap dapat memancing perseteruan individu dan kelompok dengan masyarakat tertentu berdasarkan suku, agama, ras dan antar golongan.

WAJIB BACA :  Eggi Sudjana Dilaporkan Polisi Karena Kasus Pemalsuan Dokumen!

Hal tersebut seperti halnya yang tercantum dalam Pasal 45 A ayat 2 dan Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Sures mengatakan jika saat itu Egi mengatakan jika pemeluk agama selain Islam bertentangan dengan Pancasila.

Eggi Sudjana
Copyright ©merdeka

Menurut Sures pernyataan Eggi Sudjana sendiri berkaitan dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Orgaisasi Masyarakat (Perppu Ormas). ‘Itu berkaitan dengan Perppu Ormas, jika disetujui maka agama lain menurut (Eggi Sudjana) harus dibubarkan. Pernyataan itulah yang menurut kami akan menimbulkan kegaduhan serta berpotensi mengakibatkan perpecahan‘ sambung Sures.

Sures menambahkan jika dirinya sangat terganggu dengan pernyataan tersebut. Dia mengatakan jika kelompoknya selalu berupaya menciptakan keharmonisan antar umat beragama. Hal yang sama juga pastinya dilakukan oleh umat agama lain yang melebur menjadi satu dan menghormati perbedaan.

WAJIB BACA :  Ketika Nama Eggi Sudjana Masuk Dalam Sindikat Saracen!

Selain itu ia mengaku telah membawa sejumlah bukti untuk melengkapi laporannya mulai dari video dari Youtube yang memperlihatkan Eggi saat wawancara serta media bukti dari media online lainnya. Laporan itu sendiri tercatat di Bareskrim Polri dengan laporan polisi Nomor LP/1016/X/2017/Bareskrim.

Sementara itu menaggapi laporan itu, Eggi Sudjana membantah jika dirinya melakukan ujaran kebencian. Menurutnya dasar pernyataannya tertera di sila pertama Pancasila yang berbunyi ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’. Menurtnya sila tersebut sudah jelas menunjukan jika hanya Islam yang memiliki konsep Tuhan yang Esa.

Menurut Eggi jika mengacu pada Perppu Ormas kelompok yang tidak menerapkan sila pertama Pancasila harus dibubarkan. Eggi pun juga mengatakan jika dalam Islam diajarkan untuk tidak megurusi ajaran agama lain. Maka dari itu ia mendesak agar Perppu Ormas tidak diberlakukan untuk menghormati keyakinan masing-masing yang dianut oleh warga Indonesia.

Baca juga : Gerindra Tolak Perppu Ormas Karena Alasan ‘Klasik’ Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here