BNPB Siapkan Pekerjaan untuk Pengungsi Gunung Agung!

0
663
Pengungsi Gunung Agung
Copyright ©Antara

BNPB Siapkan Pekerjaan untuk Pengungsi Gunung Agung!

Indowarta.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih terus berusaha untuk mencarikan mata pencarian dari para pengungsi Gunung Agung, Bali. Hal ini dilakukan untuk menekankan kejenuhan mereka selama berada di pos pengungsian.

BACA JUGA : Erupsi Gunung Agung Lekat dengan Fenomena Politik, Ini Kata Peneliti!

“Bagaimana dengan masyarakat yang kehilangan mata pencaharian? Kami pikirkan apa yang terbaik untuk masyarakat yang tidak bisa kerja,” ungkap Kepala BNPB Willem Rampangilei di Pos Komando Penanganan Darurat Gunung Agung di Karangasem, Jumat (6/10/2017).

Wiliem mengatakan, selama berada di pengungsian sejak ditetapkannya status Awas pada gunung tersebut. Tentunya para pengungsi Gunung Agung ini telah kehilangan mata pencarian mereka sehari-hari.

WAJIB BACA :  Potensi Bencana Jika Gunung Agung Meletus!

Melihat kondisi tersebut, BNPB sedang berupaya untuk mengurangi kejenuhan mereka selama berada di pos pengungsian. Dengan melakukan kerja sama dengan Kementerian Sosial, para pengungsi akan diberikan sebuah pelayanan psikososial kepada ibu hamil, anak-anak, penyandang desabilitas, dan lansia.

Tidak hanya itu, para pengungsi Gunung Agung ini juga mendapatkan hiburan yang dilakukan oleh pemerintah ataupun sejumlah lembaga swadaya. Khususnya hiburan yang diberikan kepada anak-anak di pos pengungsian.

Gunung Agung (1)
Copyright ©Instagram/tudebaliwalker

BNPB juga melakukan kerja sama dengan Dinas Kesehatan dan tim darurat dari Pusdalop BPBD Bali, ini dilakukan untuk tetap dapat memberikan pelayanan medis keliling dan siaga di sekitar pos pengungsian.

BACA JUGA : Magma Sudah Terlihat Dari Permukaan Gunung Agung?

Sempai sekarang ini, kata Willem, sudah ada sekitar 11 ribu orang pengungsi Gunung Agung yang sudah mendapatkan pelayanan kesehatan, rata-rata mereka mengidam sakit demam, saluran pernafasan, dan flu.

WAJIB BACA :  Antisipasi Gunung Agung Meletus, Begini Persiapan Bandara Juanda!

Dari total jumlah tersebut, ada 85 orang yang harus mendapatkan perawatan intensif. Hingga pada akhirnya mereka telah dirujuk ke sejumlah rumah sakit yang ada di Bali untuk mendapatkan penanganan.

BNPB menyebutkan, dari data terakhir jumlah pengungsi Gunung Agung telah mencapai 150.109 yang tersebar di 420 titik yang berada di sembilan kabupaten/kota di kawasan Bali. Sedangkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih terus melakukan pemantauan aktivitas Gunung Agung.

Menurut data dari PVMBG hingga Jumat, pukul 06.00 Wita, tingkat kegempaan Gunung Agung masih cukup tinggi untuk vulkanik dangkal hingga mencapai 81 kali, yaitu tektonik lokal 23 kali dan vulkanik dalam 182 kali.

BACA JUGA : Gunung Agung Siap Erupsi, Lokasi Laga Bali United Vs Arema Belum Jelas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here