Setya Novanto Terima Jam Tangan Mewah dari Johannes Marliem?

0
742
Setya Novanto
Copyright ©metrotvnews

Setya Novanto Terima Jam Tangan Mewah dari Johannes Marliem?

Indowarta.com – Fedrich Yunandi selaku pengacara Setya Novanto telah membantah kalau kliennya telah menerima hadiah berupa jam tangan merek Richard Mille seharga Rp 1,8 miliar dari salah satu saksi kasus korupsi e-KTP yang sudah meninggal dunia, Johannes Marliem di Amerika Serikat pada 2008 lalu.

BACA JUGA : 2014 Lalu, Nazaruddin Pernah Sebut Setya Novanto Kebal Hukum, Terbukti!

Sebelmunnya, terkait dengan keterangan tersebut terdapat pada gugatan yang diserahkan oleh Pemerintah Federal Minesotta kepada Marliem, seseorang yang sudah diklaim menjadi saksi kunci dalam kasus e-KTP itu.

Dalam gugatan itu, Honathan Holden selaku agen khusu FBI mengungkapkan, kalau Marliem sudah memberikan sejumlah uang serta benda lainnya kepada pejabat di Indonesiia. Pemberian hadiah tersebut terkait dengan lelang proyek e-KTP pada tahun 2011 lalu.

WAJIB BACA :  Ini yang Dilakukan Setya Novanto Saat Bekerja Kembali di DPR!

Mengenai hal tersebut, Yunandi meminta kepada agen FBI ini dan KPK untuk menyelidik adanya pemberian jam tangan mewah itu kepada Setya Novanto dalam pengadilan, hal itu untuk membuktikan adanya keterangan tersebut.

Setya Novanto
Copyright ©merdeka

“Kalau mengatakan ada pemberian, jam RM (Richard Mille) itu ada sertifikatnya seperti BPKB, suruhlah KPK dan FBI sekalian selidiki di mana namanya pemilik itu ada. Buktikan kalau itu pemberian,” kata Yunandi di kantornya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (6/10/17).

BACA JUGA : MA Periksa Kemungkinan Sesuatu Dibalik Keputusan Hakim Cepi!

Meski begitu, Yunandi sendiri enggan membantah kalau Setya Novanto memiliki jam tangan dengan merek tersebut. Namun, kata dia, itu merupakan hasil usaha dan atas namanya sendiri, bukan merupakan pemberian dari pihak lain.

WAJIB BACA :  Pengacara Laporkan Pembuat Meme Kecelakaan Setya Novanto!

“Beliau itu punya Richard Mille tapi tahun 2008 generasi pertama seri 01101. Itu bentuknya rose gold titanum atas nama dirinya sendiri. Setya Novanto kan pengusaha, di tahun 2008 dia bisa beli RM pakai duitnya sendiri apa dia salah?” ungkapnya.

Sekarang ini, KPK tengah mendalami pengakuan dari saksi kasus korupsi e-KTP yang sudah meninggal dunia, Johannes Marliem mengenai adanya pemberian sejumlah uang kepada beberapa pejabat di Indonesia dan jam tangan kepada Setya Novanto.

“Jam tangan itu infonya ada tiga, yang dua untuk Johannes Marliem sendiri, yang satu diberikan kepada seseorang. Itu yang masih kami teliti,” kata Ketua KPK Agus Raharjo.

Menurut pengakuan Johannes, jam tangan yang telah diberikan untuk Setya Novanto merupakan merek Richard Mille dengan harga yang mencapai US$135 atau sekitar Rp 1,8 miliar. Tidak hanya itu, pihaknya juga mengatakan kalau sudah memberikan uang sebesar US$700 ke rekening Chaeruman, sosok saksi dalam kasus e-KTP.

BACA JUGA : Setya Novanto Dihadang, Hukum ‘Meradang’!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here