Saat Dwi Hartanto Akhiri Kebohongannya Setelah Disebut The Next Habibie!

0
493
Dwi Hartanto
Copyright©linetoday

Saat Dwi Hartanto Akhiri Kebohongannya Setelah Disebut The Next Habibie!

Indowarta.com – Nama Dwi Hartanto sempat mencuri perhatian di tanah air beberapa waktu silam. Bagaimana tidak, dia mengaku mempunyai sejumlah prestasi di bidang kedirgantaraan atau penerbangan. Bahkan hingga ada yang menjuluki ilmuwan muda ini sebagai ‘The Next BJ Habibie’.

Pada akhir tahun 2016 lalu tepatnya tanggal 17 hingga 24 Desember 2016, lebih dari 40 orang peneliti diaspora yang mengajar serta meneliti di berbagai negara datang ke acara Visiting World Class Professor. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang bekerjasma dengan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional.

Salah satu pesertanya ialah Dwi Hartanto dan saat itulah ia disebut sebagai ‘Penerus Habibie’. Habibie yang juga Presiden ke 3 Indonesia merupakan salah satu tokoh besar dalam bidang teknologi. Namun ternyata yang dikatakan Dwi dalam berbagai kesempatan hanyalah klaim.

WAJIB BACA :  Langgar Etika Ilmuwan, Ijazah S1 Dwi Hartanto Akan Dicabut?

Pria berambut panjang ini sebelumnya mengaku tengah merancang jet tempur generasi keenam yang jauh lebih canggih dibandingkan pesawat jet saat ini. Tak hanya itu, Dwi juga mengaku telah memenangkan lomba riset Space Craft and Tecnology di Jerman serta mengalahkan sejumlah ilmuwan dari negara lain.

 Dwi Hartanto
Copyright©merdeka

Selain itu Dwi Hartanto juga sempat mengaku sebagai post-doctoral Assisten Profesor di Techniche Universiteitt (TU) Delft dalam bidang aerospace. Ia mengatakan penelitiannya ialah tentang teknologi satelit dan pengembangan roket. Tapi nyataknya Dwi merupakan mahasiswa doctoral di TU Delft dan penelitiannya sesungguhnya dalam bidang intellegent systems khususnya virtual reality sebagai disertasinya.

Kemudian baru saja pada perayaan HUT RI ke 72 tepatnya 17 Agustus 2017 kemarin KBRI di Den Haag memberikan penghargaan kedirgantaraan pada kandidat Doktoral di Tenchsche Universiteit Delft ini. Akan tetap hal itu memancing kecurigaan sejumlah rekan Dwi Hartanto di Perhimpunan Pelajar Indonesia. Mereka pun melakukan penelusuran dengan mengatakan ada kejanggalan dan satu persatu kebohongan Dwi pun terbongkar.

WAJIB BACA :  Langgar Etika Ilmuwan, Ijazah S1 Dwi Hartanto Akan Dicabut?

Saat itu puncaknya terjadi ketika KBRI Den Haag mencabut penghargaan kedirgantaraan yang sebelumnya diberikan kepada Dwi. Mereka pun tak menyebutkan dengan jelas penyeba dicabutnya penghargaan tersebut. Sebelumnya mengenai hal ini juga sempat dijelaskan oleh Duta Besar (Dubes) I Gusti Agug Wesaka Puja.

Dubes RI itu menyampaikan jika pencabutan dilakukan karena ada beberapa hal yang terjadi di laur praduga dan terkait itikad baik sehingga mengharuskan penghargaan tersbeut dicabut. ‘Keputusan Kepala Perwakilan Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda Nomor SK/023/KEPPRI/VIII/2017 tentang Penghargaan kepada Dr,Ir Dwi Hartanto dicabut dan dinyatakan tidak sah’ ujar Dubes RI melalui laman resminya beberapa waktu lalu.

Dengan itu akhirnya Dwi Hartanto menyampaikan permohonan maafnya. Dia mengakui memberikan informasi yang tidak benar, tak akurat dan cenderung melebih-lebihkan terutama dalam prestasinya di bidang dirgantara serta keilmuwan soal roket. ‘Saya minta maaf sebesar-besarnya’ ujar Dwi dimuat dalam halaman PPI Delft.

WAJIB BACA :  Langgar Etika Ilmuwan, Ijazah S1 Dwi Hartanto Akan Dicabut?

‘Posisi saya sebenarnya ialah kandidat Doktoral di TU Delft. Informasi mengenai saya sebagai Post-Docyoral maupun Assistant Professor adalah tidak benar’ sambung Dwi.

Baca juga : Hebohnya Video Youtube Pria Tertangkap Basah Akan Perkosa Siswi di Semak Semak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here