Kebiasaan Minum Teh Panas Bisa Memicu Kanker?

0
807
Kanker
Copyright ©klikdokter

Kebiasaan Minum Teh Panas Bisa Memicu Kanker?

Indowarta.com – Sejumlah pakar atau ahli kesehatan menyarankan supaya kita tidak meminuh teh dalam kondisi panas. Kita disuruh menunggu hingga teh itu dingin baru boleh diminum pasalnya meminum teh dalam keadaan panas dapat menyebakan kanker.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh dr. Evaliana Suzana yang juga seorang Spesialis Patologi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais. Dia mengatakan sebaiknya tunggu teh hingga dingin agar antioksidannya tidak keluar ketika diminum.

‘Sebaiknya teh jangan diminum dalam kondisi panas, di tunggu hingga kira-kira suhu mencapai 80 drajat Celcius baru diminum. Itu karena supaya antioksidan yang ada dalam teh tidak keluar’ ujarnya saat ditemui di Jakarta pada Jumat, 6 Oktober 2017.

WAJIB BACA :  Mahasiswa IPB Ini Temukan Obat Kanker Kelenjar Getah Bening dari Alga Hijau Biru!

Kemudian selain itu jika konsumsi teh yang masih panas dilakukan juga akan beresiko memunculkan sejumah kanker salah satunya kanker esofaragus. Saluran yang memanjang dari tenggorokan hingga perut akan mendapatkan gangguan dan sering kali terjadi. Hal tersebut juga terangkum daam jurnal BMJ yang melibatkan peneliti dari Tehran University of Medical Sciens, Farhad Islami.

Kanker
Copyright ©liputan6

Dalam studinyaitu ia menemukan jika kanker osefaragus terjadi delapan kali lebih banyak pada mereka yang minum teh panas bahkan sangat panas. Jumlah itu lebih besar dibandingkan dengan teh yag hangat atupun dingin. Temuan ini pun juga didasarkan data yang didapat dari 300 orang penderita kanker osefaragus dan 571 orang sehat.

WAJIB BACA :  Gejala dan Makanan Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening!

Selian itu para ilmuwan juga memperingatkan jika wanita yang suka minum teh panas dapat memunculkan jenis kanker yang mematikan. Resiko tersebut akan muncul tiga kali lipat dibandingkan dengan mereka yang meminum teh dalam kondisi hangat ataupun dingin.

Dalam salah satu penelitian lainnya, sejumah ilmuwan Inggris meneliti penyebab dari munculnya 7.000 kasus kanker kerongkongan per tahunnya. Setelah melakukan analisis yang mendalam penelitian yang diterbitkan di British Journal of Cancer menunjukan suhu teh yang terlalu panas dapat merusak jaringan kerongkongan dan meningkatkan risiko munculnya kanker.

Sementara itu menurut Profesor Nick Day yakni seorang Ilmuwan kanker dari Cambridge University mengatakan jika tak ada yang menyarankan orang harus berhenti meminum teh. Namun menurutnya perlu diperhatikan suhu teh sebelum diminum.

Baca juga : 10 Penyebab Kanker yang Harus Kamu Singkirkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here