3 Tahun Dipimpin Jokowi, Masrakat Mengaku Puas, Tapi. .

0
2032
Jokowi-Jk
Copyright©teropongsenayan

3 Tahun Dipimpin Jokowi, Masrakat Mengaku Puas, Tapi. .

Indowarta.com – Hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) telah dirilis. Survei ini terkait dengan sejumlah kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama tiga tahun dalam masa kepemimpinannya.

BACA JUGA : Tak Banyak Komentar, Artinya Prabowo Dukung Pemerintahan Jokowi?

Dalam survei ini sudah dilakukan di delapan kota, diantaranya Medan, Palembang, Padang Jakarta kecuali Kepulauan Seribu, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar. Pengambilan data ini dilakukan dengan cara tetap muka langsung yang melibatkan 800 responden.

Survei ini mulai dijalankan pada 8 hingg 27 Sepetember 2017 lalu. Ada sekitar 3,5 persen margin of error (MoE). Founder Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio mengungkapkan terkait dengan hasil survei tersebut.

WAJIB BACA :  Banyak Bos Media Gabung ke Timses Jokowi, Begini Tanggapan Sekjen Golkar !

Hasil hasil servei itu, kata Hendri, masyarakat masih mengeluhkan adanya masalah terkait dengan ekonomi. Hal itu diungkapkan oleh para responden pada saat mereka diberi pertanyaan terkait dengan kondisi Indonesia sekarang ini.

“Masalah ekonomi, kebutuhan pokok, BBM, dan listrik mahal 55,4 persen (dikeluhkan masyarakat), masalah kebutuhan lapangan pekerjaan 14,1 persen,” ungkap Hendri dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/10/2017).

Jokowi
Copyright ©wartakota

Sedangkan masyarakat yang lebih fokus terhadap permasalahan korupsi mencapai 3,9 persen, adanya pemberitaan boong atau hoax terkait dengan SARA sebesar 2,5 persen, sedangkan masalah adanya peredaran narkotika sebanyak 3,3 persen.

BACA JUGA : Menkumham Minta CPNS Tak Gunakan Calo!

“Responden yang menjawab tidak tahu ada 7,6 persen, sisa responden lainnya menyebutkan hal lain selain yang disebutkan di atas,” tuturnya.

WAJIB BACA :  Sandi Ngotot Ingin Bertemu Jokowi, Ngabalin: Ada Perlu Apa ?

Pada saat para responden ditanya terkait dengan janji Jokowi-Jusuf Kalla, kata Hendri, sebanyak 55,7 persen responden yang sudah merasa puas dengan kenerja pemerintahan Jokowi-JK selama kurun waktu tiga tahun ini.

Namun, ada sekitar 43,3 persen responden sudah menjawab merasa tidak puas. Dan selebihanya, enggan memberikan jawaban terkait dengan pertanyaan itu. Hendri mengatakan, kepuasan masyarakat kepada kinerja Jokowi-JK dipengaruhi dari sejumlah faktor, seperti halnya soal pembangunan infrastruktur dan adanya bantuan kesehatan serta pendidikan.

“Pembangunan infrastruktur (sebesar) 32,7 persen dan bantuan kesehatan serta pendidikan 16,3 persen adalah dua alasan teratas puas terhadap pemerintahan Jokowi-JK,” ucap Hendri.

BACA JUGA : 50 Persen Lebih Tak Akan Pilih Jokowi Jika Pemilu Digelar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here