Kenali Lebih Dekat Tentang Kanker Ovarium!

0
2161
ilustrasi kanker ovarium
Copyright ©Viva

Kenali Lebih Dekat Tentang Kanker Ovarium!

Indowarta.comKanker ovarium menjadi salah satu jenis kanker yang measih menjadi momok bagi kaum perempuan selain kanker payudara dan kanker serviks. Berdasarkan penelitian dalam setiap tahun, ada sekitar 7 ribu perempuan yang didiagnosa mengidap penyakit ini.

Apa itu kanker ovarium?

Kanker ovrium memengaruhi ovarium, yang merupakan sepasang organ kecl yang terletak di rongga panggul perempuan, yang menjadi bagian penting dari sitem reproduksi perempuan saat terhubung ke rahim dan menyimpan telur.

Jika Anda memiliki kanker ini, sel-sel di dalam atau di sekitar ovarium Anda mulai tumbuh tidak normal yang dapat menyebabkan tumor, kanker ini juga dapat memengaruhi salah satu maupaun kedua indung telur Anda.

Baca Juga Cerita Sedih Gadis 17 Tahun yang terserang Kanker Ovarium!

Ada beberapa jenis yang dapat memengaruhi perempuan dari segala usia, yakni kanker ovarium epitel, kanker ovarium nonepithelial

Banyak gejala kanker ini yang sulit dikenali, namun ada beberapa hal yang perlu diwaspadai, diantaranya:

Kanker Ovarium
Copyright©kompas
  1. Perut membengkak
  2. Merasa kembung terus-menerus
  3. Sering buang air kecil
  4. Ketidaknyamanan di daerah perut atau pinggul
  5. Merasa lekas kenyang saat makan.

Pengobatan untuk kanker ovarium sendiri tergantung pada jenis dan seberapa jauh penyebarannya. Namun pengobatan umum yang bisa dilakukan diantaranya:

  1. Pembedahan

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sel kanker di tubuh, seringkali ini bisa melibatkan menyingkirkan kedua indung telur, saluran telur dan rahim.

Baca Juga Awas. .Ini Tanda-tanda Kanker Ovarium Bagi Wanita!

  1. Kemoterapi

Hal ini sering dilakukan setelah operasi untuk membunuh sel-sel yang tersisa, menggunakan obat-obatan. Terkadang bisa digunakan sebagai metode untuk megecilkan kanker sebelum operasi.

Jika kanker telah menyebar ke seluruh tubuh, tujuan dari dilakukan pengobatan untuk membantu mengurangi gejala dan mengendalikan kanker sebanyak mungkin.

Lantas siapa yang paling berisiko terkena kanker indung telur?

  1. Usia

Wanita berusia di atas 50 tahun memiliki risiko lebih besar dibanding usia di bwah itu.

  1. Riwayat keluarga

Jika kanker ovarium atau payudara pernah menyerang salah satu anggota keluarga, maka risiko Anda cukup besar untuk mengalami hal sama.

  1. Berat badan

Berat badan yang berlebihan, bisa menjadi indikasi kemungkinan Anda terserang penyakit yang satu ini.

  1. Jika Anda memiiki endometriosis, dimana jaringan yang berperilaku seperti lapisan rahim tumbuh di luar daerah rahim, ini bisa menambah besar risiko terkena. Jika sudah menjalani terapi sulih hormon, ada kemungkinan kecil hal ini bisa menigkatkan risiko Anda.

Baca Juga Tanda tanda Kanker Payudara yang Jarang Diperbincangkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here