Arang Aktif Bisa Memutihkan Gigi?

0
723
Arang Aktif
Copyright ©hellosehat

Arang Aktif Bisa Memutihkan Gigi?

Indowarta.com – Baru-baru ini mucul tren yang sedikit unik, yaitu cara memutihkan gigi dengan menggunakan activated charcoal, atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan arang aktif. Sejumlah orang mempercayainya kalau dapat membersihkan kotoran dan membuat gigi tampak putih, namun apakah benar? Berikut jawabannya.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Rambut Beruban dengan 4 Bahan Alamiah Ini!

Tenang, arang aktif yang dimaksudkan bukan arang yang digunakan untuk menyalakan api, namun bahan tersebut merupakan keperluan medis. Pembuatannya yang dipanaskan dengan gas sehinga dapat membentuk pori-pori besar yang mengandung unsur mineral.

Pori-pori ini akan menangkap dan menjebak sejumlah senyawa kimia. Arang aktif tidak berbau dan tidak berasa, anda dapat menemukannya di sejumlah toko kesehatan atau farmasi berupa bentuk tablet.

WAJIB BACA :  Cara Memutihkan Gigi yang Musti Kamu Coba, Dijamin Putih Bersih !

Menurut seorang pakar kesehatan gigi dari New York University College of Dentistry di Amerika Serikat (AS), drg. Mark Wolf, arang aktif sudah dipakai untuk beberapa hal, yang salah satunya adalah untuk menyerap kotoran dan racun. Kotoran-kotoran yang berada di permukaan gigi akan terikat dengan pori-pori yang berada pada bahan tersebut.

Arang Aktif.
Copyright ©tergemes

Oleh karena itu, dengan menggunakan metode ini maka membesihkan sejumlah zat kekuningan pada gigi lebih praktis. Sekali arang aktif ini terlekat pada gigi anda, maka bahan ini akan lansung bekerja dengan sendirinya. Kandungan mineralnya juga dapat membersihkan plak dan sisa makanan pada gigi anda.

BACA JUGA : Berbagai Masalah Gigi Bungsu dan Geraham Sekaligus Cara Mengatasinya!

Kepada anda yang menggunakannya, jangan khawatir walau arang aktif ini memiliki warna hitam, namun tidak akan merubah warna gigi anda. Justru dengan penggunaan ini maka gigi anda akan tampak lebih putih.

WAJIB BACA :  Berbagai Masalah Gigi Bungsu dan Geraham Sekaligus Cara Mengatasinya!

Namun, para ahli kesehatan dan dokter gigi tidak menganjurkan anda untuk menggunakan arang aktif ini untuk dapat memutihkan gigi dan perawatan pada mulut. Selain kemampuannya dalam memutihkan gigi, bahan ini juga dapat merusak lapisan enamel gigi sehingga dapat membuat erosi pada gigi.

Sedangkan untuk efek jangka panjangnya, menurut dokter gigi dari Michigan, AS, drg. Susan Maples mengatakan, gigi merupakan satu-satunya bagian ectoderm yang tidak akan kembali dan sembuh dengan sendirinya. Oleh karena itu, jika gigi hilang, maka akan selamanya hilang.

BACA JUGA : Cara Merawat Kuku Kaki Agar Tetap Sehat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here