Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019 Ditutup Hari Ini!

0
641
Parpol Peserta Pemilu 2019
Copyright©tribunjateng

Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019 Ditutup Hari Ini!

Indowarta.com – Hari ini, Senin, 16 Oktober 2017 menjadi hari terakhir pendaftaran parpol peserta Pemilu 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga mengatakan akan menutup pendaftaran partai politik yang ingin mendaftar sebagai peserta pemilu 2019 hari ini.

Komisi KPU, Viriyan Azis menuturkan jika hari ini merupakan hari terakhir bagi parpol peserta Pemilu 2019 medaftarkan diri. Pihaknya segera menyelesaikan sisa parpol yang pada pekan lalu belum mendaftarkan diri.

Memang sejumlah parpol yang akan mendaftar pada hari ini telah mendaftar pada pekan lalu. Akan tetapi pendaftaran belum diproses karena syarat yang dilakukan belum lengkap. Partai tersebut diantaranya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Partai Berkarya dan Partai Republik.

WAJIB BACA :  KPU: Penetapan Pasangan Capres-Cawapres pada 20 September !

Viriyan sendiri tidak menjelaskan secara rinci mengenai persyaratan yang belum dipenuhi oleh ketiga partai tersebut. ‘Untuk gambarannya sendiri, tanda terima yang KPU berikan atas kelengkapan dokumen pendaftaran parpol sekitar 600 hingga 700 halaman’ ujarnya.

Parpol Peserta Pemilu 2019
Copyright©nasionalkompas

Sedangkan untuk jam pelayanan terakhir pendaftaran parpol peserta Pemilu 2019 akan diperpanjang. Biasanya pendaftaran akan berakhir pukul 16.00 WIB, pada hari terakhir ini akan diperpanjang hingga pukul 24.00 WIB. Selain ketiga parpol itu sendiri, ada sejumlah parpol lain yang akan mendaftar ke KPU hari ini.

Parpol yang akan mendaftar tersebut yakni Partai Bulan Bintang, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Idaman, Partai Demokrat, Partai Pemersatu Bangsa, Partai Indonesia Kerja, Partai Keadilan dan Parai Persatuan Indonesia. Mengenai akan ditutupnya pendaftaran parpol di KPU ini sebelumnya juga dijelaskan oleh Komisioner KPU, Wahyu Setyawan.

WAJIB BACA :  Maraknya Kasus Korupsi, Prabowo Ungkap Indonesia Sedang Sakit !

Dia menatakan jika pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2019 akan berakhir pada hari ini Senin, 16 Oktober 2017. Wahyu menjelaskan hingga H-1 penutupan pendaftaran tepatnya Minggu, 15 Oktober 2017, sebanyak 14 parpol telah memberikan berkas pendaftaran ke KPU.

‘Masa pendaftraan parpol calon peserta Pemilu 2019 akan berakhir besok Senin, 16 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB’ ujarnya saat ditemui Minggu, 15 Oktober 2017.

Wahyu menambahakan jika perpanjangan waktu pendaftaran terakhir parpol peserta Pemilu 2019 ini diberlakukan dengan tujuan mengaomodasi banyak parpol yang ingin mendaftar di saat-saat terakhir menjelang penutupan. Sedangkan 14 parpol yang sudah mendaftar ke KPU yaitu Perindo, PSI, PDIP, Hanura, Nasdem, Partai Berkarya, Partai Republik, PAN, PKS, Gerindra, PPP, Golkar, dan Partai Gandrum PBI. Sedangkan dari jumah tersebut sembilan parpol yang pednaftarannya diterima KPU yakni Perindo, PSI, PDIP, Hanura, Nasdem, PAN, PKS, Gerindra dan Golkar.

Baca juga : Protes Keras Hanura Soal Dokumen di KPUD!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here