Menhub Buka Bukaan Soal Aturan Taksi Online!

0
1444
taksi online
Copyright©viva

Menhub Buka Bukaan Soal Aturan Taksi Online!

Indowarta.com – Seperti kita ketahui sarana transportasi di Tanah Air saat ini tengah menegang karena polemik antara transportasi konvensional dan transportasi online. Peraturan mengenai transportasi online pun sudah disiapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Namun Peraturan Menteri (PM) perhubungan nomor 26 Tahun 2017 tentang transportasinonline yang telah disiapkan sekaligus dasar hukum dibatalkan di Mahamah Agung (MA). Peraturan yang dibatalkan di MA itu sendiri berkaitan dengan taksi online.

Akhirnya dengan itu Kemenhub pun saat ini tengah menggodok peraturan baru tentang taksi online dengan mendatangkan masukan dari sejumlah pihak terkait. Selain itu Kemenhub juga mendatangkan atau mengundang masukan dari operator-operator taksi online.

WAJIB BACA :  Munculnya Petisi Dukung Transportsi Online di Jawa Barat!

Sedangkan waktu yang tersisa untuk menyusun peraturan yang baru ini perlu disusun sedemikian rupa. Dengan ini maka nantinya akan terjadi kekosongan aturan terkait dengan taksi online hingga tanggal 1 November 2017 mendatang karena belum adanya peraturan pengganti.

taksi online
Copyright©sindonews

Terkait hal ini tentunya ditakutkan akan menimbulkan dampak berbahaya untuk penumpang. Dikatakan seperti itu karena penumpng transportasi online ini tidak terlindungi keselamatannya sebab moda transportasi yang ditumpanginya tidak mempunyai aturan operasi.

Mengenai hal ini Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (BKS) pun secara terang-terangan menyampaikannya. Dia mengaku akan membeberkan aturan baru mengenai taksi online tersebut. Hal itu karena menurutnya aturan baru ini akan menentukan nasib transportasi online di Indonesia.

WAJIB BACA :  Peraturan Tarif Taksi Online Resmi Berlaku, Ini Dampaknya Bagi Taksi Konvensional

Sementara itu sebelumnya ada empat aturan yang tertang dalam Peraturan Menteri Nomor 26 Tahun 2017. Empat poin aturan itu sendiri seharusnya sudah belaku sejak 1 Juli 2017 lalu. Namun ternyata aturan mengenai transportasi online itu dicabut oleh MA.

Sedangkan terkait pencabutan peraturan ini oprator taksi online mengaku masih irit bicara. ‘Terkait hal ini, masih kami pelajari dan jika da informasi akan kami kabari nantinya, terima kasih’ ujar Pejabat Humas Gojek, Rindu beberapa waktu lalu.

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari Menhub mengenai peraturan baru taksi online. Namun disisi lain polemik semakin meruncing karena para pengemudi transportasi konvensional bersama menolak adanya transportasi online. Menurut mereka dengan adanya transportasi berbasis online membuat para pelanggan berpaling dan tentunya perdampak pada pendapatan mereka.

Baca juga : MA Cabut Aturan Soal Transportasi Online!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here