Mewarnai Rambut Bisa Picu Kanker Payudara?

0
790
Mewarnai Rambut
Copyright ©YouTube

Mewarnai Rambut Bisa Picu Kanker Payudara?

Indowarta.com – Tidak sedikit orang yang sering mewarnai rambut untuk menambah penampilan mereka agar lebih menarik. Apakah anda salah satunya? Kalau ya, alangkah baiknya jika anda menghentikan kebiasaan tersebut.

BACA JUGA : Bukan Hanya Nyeri, Ini Dia Gejala Jantung Bermasalah!

Hal ini karena, beberapa waktu belakangan ini seorang ahli bedah telah menemukan kolerasi, hal itu terjadi diantara kebiasaan mewarnai rambut dengan penyakit kanker payudara, yang merupakan penyakit berbahaya pada perempuan.

Seperti halnya yang dilasir dari The Sun, ahli bedah  kanker payudara di Rumah Sakit Grace Grace London, Inggris, Profesor Kefah Mokbel melakukan peninjauan terkait dengan pewarnaan pada rambut dan kaker payudara.

WAJIB BACA :  Usai Pengobatan Kanker Serviks, Bisakah Memiliki Anak?

Pada peninjauannya itu, dia sudah menemukan 14 persen kenaikan pada penyakit tersebut, hal itu akan dialami oleh seorang perempuan yang secara rutin melakukan pewarnaan pada rambut mereka.

Dia memberikan saran untuk meminimalisir adanya resiko tersebut, yaitu agar perempuan hanya mewarnai rambut mereka hanya dua hingga enam kali dalam satu tahun. Serta memilih bahan pewarna alami, seperti Henna, rose hip, dan bit.

“Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil penelitian, temuan kami menunjukkan bahwa paparan pewarna rambut dapat menyebabkan risiko kanker payudara,” ungkap Kefah.

Kanker Payudara
Copyright ©viva

“Apa yang saya temukan adalah kenyataan bahwa industri tersebut merekomendasikan agar perempuan mewarnai rambut mereka setiap empat sampai enam minggu,” sambungnya.

WAJIB BACA :  7 Wanita yang Berisiko Terkena Kanker Payudara!

BACA JUGA : Pancaroba, Begini Cara Mengatasi Flu yang Menganggu!

Sedangkan, kepada perempuan yang usianya sudah memasuki angka 40 tahun, Kefah memberikan saran agar mereka secara rutin memeriksakan payudara. Hal itu dilakukan untuk mengetahui gejala kaker payudara sejak dini.

“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengklarifikasi hubungan antara rambut mati dan risiko kanker payudara agar bisa menginformasikan wanita dengan lebih baik,” jelas dia.

“Masuk akal untuk mengasumsikan pewarna rambut yang terdiri dari ramuan herbal alami seperti rose hip, rhubarb dll yang aman,”  tambahnya.

Disisi lain, sebuah penelitian di Finlandia pada Maret lalu menemukan, bahwa pewarna rambut yang sering digunakan untuk memberikan warna pada rambut seseorang memiliki dampak pengembangan payudara mencapai 23 persen.

WAJIB BACA :  Keseringan Jajan di Kaki Lima Bisa Memicu Kanker?

“Ada 23% peningkatan risiko kanker payudara pada perempuan yang  yang mewarnai rambut mereka dibandingkan dengan mereka yang tidak,” ujar peneliti dari University of Helsinki dan Finnish Cancer Registry, Sanna Heikkinen.

BACA JUGA : No Bra Day: Tidur Tanpa Bra Tak Langsung Cegah Kanker Payudara!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here