Anies Baswedan Dilaporkan Karena Pidato Pribumi, Partai Pendukung Pasang Badan!

0
636
Anies Baswedan
Copyrigth ©tempo

Anies Baswedan Dilaporkan Karena Pidato Pribumi, Partai Pendukung Pasang Badan!

Indowarta.comAnies Baswedan telah resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 setelah dilantik pada Senin, 16 Oktober 2017. Namun Gubernur DKI Jakarta yang baru ini dilaporkan ke Bareskrim Polri karena pidatonya yang menyinggung pribumi.

Mantan Ketua Tim Pemenang Anies Baswedan yang juga politikus PKS, Mardani Ali Sera angkat bicara terkait hal ini. Dia mengaku menyerahkan sepenuhnya laporan tersebut ke pihak hukum. Dikatakan Mardani seperti itu karena dia menganggap jika warga Jakarta sendiri dapat menilai menganai pidato tersebut.

‘Silahkan saja jika dilaporkan. Ini kan negara hukum dan warga juga dapat secara transparan menilai’ ujarnya melalui pesan singkat pada Selasa, 17 Oktober 2017.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Tim Hukum Anies Baswedan Laporkan Akun @chicohakim!

Mardani juga mengatakan jika pidato dengan kata ‘Pribumi‘ yang dilontarkan oleh Anies tidak menyinggung mengenai etnis tertentu. Dia menilai jika pidato tersebut menekankan pada kesenjangan ekonomi yang dianggap oleh Anies hanya dinikmati oleh kelompok tertentu.

Anies Baswedan (1)
Copyright ©Rilis

Dia juga mengatakan jika penyebutan pribumi merupakan salah satu komitmen membangun pasangan Anies-Sandi terkait dengan ekonomi. ‘Penyebutan kata pribumi itu dalam konteks ekonomi ada kesenjangan dan itu bagian dari komitmen keduanya yang akan mulai kepemimpinannya. Kata itu bukan ditujukan atau menyinggung etnis tertentu, namun ditujukan kepada pengusaha yang eletis dan mementingkan kepentingan sendiri’ ujar Mardani.

Mardani juga menegaskan jika Anies Baswedan tidak bermaksud melontarkan ucapan rasis terkait pidato perdananya tersebut. ‘Tidak ada pikiran rasis sama sekali pada pidato Pak Anies itu’ ujarnya.

WAJIB BACA :  104 Tenaga Kerja Asing di Hotel Alexis Izinya Telah Habis!

Sementara itu Anies dilaporkan oleh organisasi Gerakan Pancasila ke Bareskrim Polri dengan nomor LP/1072/X/2017/ tanggal 17 Oktober 2017. Mengenai hal ini juga dijelaskan oleh Koordinator gerakan Pancasila, Jack Boyd Lapian. Dia menilai jika makna kata pribumi yang disebutkan oleh Anies diduga bisa memecah belah keragaman di Indonesia.

Jack pun mempertanyakan makna kata pribumi yang dimaksudkan Anies saat itu. ‘Pribumi yang mana? Arab, China atau siapa? saya lihat ini dapat memecah belah bangsa dan Pancasila sebagai dasar negara kita. Dalam pancasila semua menjadi satu dan tak ada bahasamu atau rasmu’ ujarnya saat ditemui di Bareskrim.

Sementara itu Anies Baswedan menjadi pebincangan usai menyampaikan pidato perdananya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dalam pidatonya itu Anies menyinggung soal pribumi dihadpaan warga yanag hadir di acara Selamatan Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta pada Senin, 16 Otober 2017.

Baca juga : Netizen langsung Bereaksi Saat Pidato Anies Baswedan Sebut Pribumi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here