Ini Jumlah Kapal yang Sudah Ditenggelamkan Menteri Susi Pudjiastuti Selama 3 Tahun Periode Jokowi-JK!

0
1242
Jokowi-JK
Copyright ©ist

Ini Jumlah Kapal yang Sudah Ditenggelamkan Menteri Susi Pudjiastuti Selama 3 Tahun Periode Jokowi-JK!

Indowarta.com – Selama masa kepemimpinan tiga tahun terakhir ini, Pemerintahan Joko Widod (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) gencar melakukan penekanan pada ilegal, Unreported and Unregulated ( IUU ) Fishing. Tentu saja pemerintah melakukan hal tersebut melalui Menteri Kelautan dan Perikanan yang sekarang dijabat Susi Pudjiastuti.

BACA JUGA : Masuk Pidato Anies Baswedan, Kata Pribumi Langsung Jadi Trending Topic!

Selama masa kepemimpin Jokowi-JK ini, sudah ada 317 kapal pelaku IUU Fishing yang ditenggelamkan oleh Susi Pudjiastuti. Adanya kebijakan ini dilakukan sesuai dengan amanat yang terdapat dalam Undang-undang 45 Tahun 2009 tentang Perikanan.

WAJIB BACA :  Reaksi Jenderal Gatot Nurmantyo Saat Ditanya Soal Dampingi Jokowi di Pilpres 2019!

“Ini bentuk perlawanan terhadap IUU Fishing,” kata Susi di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Pada beberapa kesempatan, Susi Pudjiastuti memberikan pejelasan terkait dengan penenggelaman kapal tersebut. Dia mengatakan, tujuan dari penenggelaman kapal itu adalah untuk memberikan peringatan dan efek jera kepada seluruh pelaku ilegal fishing.

Susi Pudjiastuti
Copyright©maritimnews

Selama ini, kata Susi Pudjiastuti, kapal-kapal yang ditenggelamkan itu berasal dari sejumlah negara, seperti Vietnam, Malaysia, China, dan Filipina. Sedangkan untuk lokasi penenggelamannya telah dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia.

BACA JUGA : Begini Tanggapan Jokowi Soal kata ‘Pribumi’ dalam pidato Anies Baswedan!

Salah satu bentuk untuk melawan adanya IUU fishing ini terlihat dari keputusan yang sudah dikeluarkan oleh Presiden Jokowi, dengan melakukan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) IUU Fishing yang telah dipimpin langsung oleh Menteri Susi Pudjiastuti.

Pembentukan ini bertujuan untuk dapat memberantas ilegal fishing yang telah terjadi. Dengan memberikan tindakan tegas untuk memberikan efek jera kepada para pelaku yang telah melakukan hal tersebut.

WAJIB BACA :  Diukung oleh Keluarga Pendiri NU, Prabowo-Sandi Optimis Menang di Pilpres 2019 !

Sedangkan dalam Satgas itu telah melibatkan Polri, Kejaksaan Agung, Badan Keamanan Laut, Satker Khusus Migas, PT Pertamina (Persero), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), TNI Angkatan Laut, dan institusi terkait.

Selain perang terhadap IUU Fishing, Susi juga sudah melakukan pembangunan sistem dengan sertifikasi HAM dalam sektor usaha perikanan. Dengan adanya sistem ini, akan memberikan jaminan HAM kepada para pelaku dalam sektor perikanan.

Adanya sistem ini, menurut Susi Pudjiastuti, karena industri perikanan harus mendapatkan perlindungan HAM kepada para pekerjanya. Hal ini setelah adanya penemuan beberapa kasus perbudakan dan perdagangan orang.

BACA JUGA : Ketika Penampakan Tato Menteri Susi Pudjiastuti Jadi Sorotan Ketimbang Sepatunya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here