DPR Canangkan Perppu Ormas Rampung 24 Oktober Besok!

0
510
Perppu Ormas
Copyright ©timesIndonesia

DPR Canangkan Perppu Ormas Rampung 24 Oktober Besok!

Indowarta.com – Pembahasan mengenai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarkatan (Perppu Ormas) akan segera dirampungkan. Komisi II DPR menargetan Perppu Ormas akan selesai pada sidang yang akan dilakukan bulan Oktober 2017 ini.

Mengenai hal ini juga disampaikan oleh Ketua Komisi II DPR, Zainudin Amali. ‘Kita harus selesaikan pembahasan mengenai Perppu Ormas di masa sidang ini’ ujarnya saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta pada Rabu, 18 Oktober 2017.

Amali menambahkan dengan ini massa Komisi II terus melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan berbagai pihak. Selain itu dia juga berharap pada Senin, 23 Oktober 2017, Perppu Ormas ditargetkan sudah bisa dibawa ke rapat Badan Musyawarah (Bamus) dan selanjutnya dibawa ke rapat paripurna.

WAJIB BACA :  Fahri Hamzah Pastikan DPR Revisi UU KPK!

‘Insya Allah sudah merampungkan ini dengan mendapatkan sikap-sikap fraksi. Senin (23 Oktober 2017) saya akan laporkan ke Bamus dan keesokan harinya diharapkan sudah masuk di rapat paripurna’ ujarnya.

Perppu Ormas
Copyright ©republika

Selain itu menurut Amali di DPR Komisi II jika tidak ditemukan kata sepakat maka akan segera diambil ketika sidang paripurna. ‘Kalau nanti di Komisi II masih ada perbedaan padandagan dan pendapat antar fraksi, maka harus diputuskan di paripurna. Namun sebaliknya jika sudah di capai kata sepakat saya sebagai ketua Komisi II saya akan membawa hasil laporan ke paripurna’ ujarnya.

Sedangkan sejumlah ormas yang ikut dalam RDPU menyetujui Perppu Ormas mengharapkan segera disahkannya peraturan ini menjadi Undang-Undang. Mereka yang setuju diantaranya perwakilan dari Pemuda Pancasila (PP), Persatuan Gereja Indonesia (PGI), Konferensi Wali Gereja, Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), Parisida Hindu Dharma Indonesia (PHPI) dan Perwailan Umat Budha Indonesia (Walubi).

WAJIB BACA :  Gugatan Perppu Ormas di MK Diyakini Bakalan Ditolak!

Seperti halnya yang dikatakan oleh pewakilan dari Konferensi Wali Gereja RM Soeprapto. Dia mengatakan jika pihaknya setuju supaya Perppu Ormas diterima dan diubah menjadi UU. ‘Yang menjadi dasar kami setuju dengan pemerintah yakni dengan alasan relevan dan intelektual. Ini untuk politik identitas dan tidak sejalan dengan demokrasi serta dengan tujuan yang bedampak terhadap ekstensi NKRI’ ujar Suprapto

Selain itu perwakilan dari Walubi juga memberikan tanggapannya melalui Lili Jayadi. Dia menyampaikan persetujuan pihak Walubi dengan diterbitkannya Perrpu Ormas. ‘Perppu yang dikeluarkan telah memenuhi tiga syarat MK dan sudah tepat. Dikarenakan kebutuhan mendesak maka dari itu Walubi mendukung’ ujarnya.

Baca juga : Usai Kuasai Balaikota, Ini Ambisi Anies Baswedan Menurut media Singapura!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here