Registrasi SIM Prabayar Tak Bisa Dilakukan Tanpa E KTP?

0
467
Registrasi Kartu SIM
Copyright ©tribunbatam

Registrasi SIM Prabayar Tak Bisa Dilakukan Tanpa E KTP?

Indowarta.com – Pemerintah mengeluarkan peraturan kepada seluruh pengguna kartu SIM Prabayar baik yang lama atau baru untuk mendaftarkan diri dengan menyertakan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK). Namun, bagaimanan jika KTP atau e-KTP yang merupakan tempat tercantumnya NIK, hilang atau belum jadi?

BACA JUGA: Registrasi SIM Prabayar Berpotensi Besar Bunuh Industri Seluler!

Zudan Arif Fakhrullah selaku Dirjen Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil mengungkapkan, kepada pengguna tidak perlu mengkhawatirkan terkait dengan e-KTP itu. Hal itu karena ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui NIK.

“Kalau sekarang misalnya belum ada E-KTP, tidak apa-apa. Karena NIK itu kan melekat ke orangnya, jadi NIK itu ada juga di KK,” jelasnya setelah adanya pengumuman registrasi kartu SIM prabayar, di Gedung Kemenkominfo, Rabu (11/10/2017).

“Sekarang bayi yang baru lahir pun langsung diberikan NIK, tapi dicantumkannya di KK. Nah, untuk yang belum punya E-KTP, bisa memakai NIK itu. Asal KK-nya ada,” sambungnya.

Selain NIK dan KK untuk melakukan registrasi kartu SIM Prabayar, kepada pengguna kewarganegaraan asing juga dapat mendaftarkan diri dengan menggunakan paspor mereka. Atau menggunakan Kartu Izin Tinggal Sementera (KITAS) dan Kartu Izin Tinggal Permanen (KITAP).

Daftar Kartu SIM Prabayar
Copyright©sriwijayapost

Akan tetapi, yang perlu diketahui adalah dalam registrasi kartu SIM prabayar yang dilakukan oleh warga negara asing ini tidak bisa melalui SMS. Mereka harus melakukan pendaftaran kartunya lewat sejumlah gerai melik operator.

BACA JUGA : Wajib Lakukan Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar!

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengumumkan bahwa seluruh pengguna kartu SIM prabayar baik baru atau lama diharuskan untuk melakukan registrasi kartu SIM prabayar. Dalam hal ini mereka juga wajib untuk mencatumkan NIK dan nomor KK sesuai identitas.

Untuk kewajiban registrasi kartu SIM prabayar ini akan diberlakukan mulai pada 31 Oktober 2017 mendatang. Untuk batas waktu registrasi hingga 28 Februari 2017. Jika ada pengguna yang telah melanggar ketentuan tersebut maka mereka akan dikenakan sanksi.

Kepada pengguna baru, mereka tidak akan bisa melakukan pengaktivan kartu SIM tanpa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pemblokiran secara bertahap akan dilakukan kepada pengguna lama jika mereka tidak melakukan registrasi kartu SIM prabayar dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

BACA JUGA : Inilah 5 Fakta Mengenai Registrasi Kartu SIM yang Wajib Kamu Ketahui!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here