Pelajaran yang Bisa Diambil Dari Kejadian Choirul Huda!

0
628
Choirul Huda
Copyright©bola

Pelajaran yang Bisa Diambil Dari Kejadian Choirul Huda!

Indowarta.com– Meninggal dunianya Choirul Huda pada saat membela Persela pada pekan lalu ini telah menimbulkan duka yang sangat mendalam bagi dunia sepak bola Tanah Air. Namun dibalik itu semua, terdapat pelajaran penting bagi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI mengenai penanganan kegawatdaruratan pada saat pemain cedera di lapangan.

BACA JUGA : Hasil Liga Champions: Tottenham Sukses Curi Poin di Kandang Real Madrid!

Terlepas dari penanganan Choirul Huda pada saat itu, spesialis kedokteran olah raga yakni Andi Kurniawan telah mengatakan bahwa kasus meninggalnya kiper Persela tersebut harus menjadi salah satu pembelajaran bagi pihak yang terkait di dalam hal ini adalah komisi medis PSSI.

WAJIB BACA :  Kesaksian Dokter Saat Detik detik Meninggalnya Sosok Choirul Huda!

Andi pada hari Kamis 19 Oktober 2017 ini telah mengatakan “Saran saya ke komisi medis, ini sebagai bahan evaluasi. Harusnya ini menjadi pembelajaran, jangan sampai terjadi lagi. One case in sport is so many, artinya satu kasus di lapangan olahraga itu sangat besar, hal yang gede sekali”.

Choirul Huda
Copyright©suratkabar

Salah satu hal yang disarankan oleh Andi mengenai penarapan standar pelayanana medis. Induk Olahraga seperti FIFA pada sepak bola ini telah memiliki standar layanan medis yang sudah tepat. Sehingga di dalam menjalankan standar tersebut, bila nantinya terdapat kejadian emergensi akan bisa ditangani dengan cepat dan juga baik.

BACA JUGA : Jadwal Liga Champions Malam Ini: MU, Chelsea dan Barcelona Siap Tempur!

Andi mengatakan “Bukan asal ada dokter, ada tim medis, ada ambulans. Tapi ada tim medis yang memiliki kompetensi”. Lalu Andii telah mengingatkan juga kepada masyarakat termasuk juga atlet bahwa kejadian emergensi seperti benturan ini bisa terjadi kapan dan juga di mana saja. Tidak hanya pada atlet profesional saja atau amatir pria dan wanita saja.

WAJIB BACA :  Perjuangan Choirul Huda Diabadikan Jadi Nama Lapangan Persela Lamongan!

Andi pun memberikan saran untuk masyarakat umum penting agar tahu menghadapi situasi darurat, untuk menangani kecelakaan, bagaiaman melakukan moving dan juga lifting yang tepat. Hal kegawatdaruratan seperti itu bisa dilatih. Banyak latihan mengenai penanganan kegawatdaruratan yang bila dilakukan bisa menyelamatkan nyawa seseorang di buku maupun di dalam Youtube.

Seperti yang telah diketahui bahwa pada laga Persela melawan Semen Padang pada hari Minggu 15 Oktober 2017, Choirul Huda berusahan untuk menyelamatkan gawang dari pemain lawan dan terjadinya benturan pada saat itu.

baca juga : 

Komentar Juergen Klopp Soal Liverpool Cetak Kemenangan Tandang Terbesar dalam Liga Champions!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here