Wanita Perokok Jauh Lebih Berisiko Terkena Kanker Serviks!

0
699
Kanker Serviks
Copyright ©okezone

Wanita Perokok Jauh Lebih Berisiko Terkena Kanker Serviks!

Indowarta.com– Rokok bisa meningkatkan resiko kanker serviks tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi rokok. Hal ini telah dilontarkan oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi Dr dr Tofan Widya Utami Sp.OG (K). Tofan di Jakarta, dimuat Minggu 22 Oktober 2017 ini telah mengatakan “Perempuan yang merokok terdapat radikal bebas di tubuhnya, memiliki 2,7 atau tiga kali lipat risiko terkena kanker serviks”.

BACA JUGA: Mewarnai Rambut Bisa Picu Kanker Payudara?

Tofan yang juga merupakan dokter dari divisi Onkologi Ginekologi Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUPN dr Cipto Mangunkusumo ini telah menjeaskan bahwa faktor resiko lain dari kanker serviks ini adalah memiliki perilaku seksual yang seringkali bergonta-ganti pasangan ataupun memiliki pasangan yang melakukan kegiatan seksual lebih dari satu pasangan saja.

WAJIB BACA :  Kanker Serviks, Pembunuh Nomer 1 Bagi Kesehatan Wanita!

Dokter Tofan telah mengungkapkan bahwa penelitian yang telah menyebutkan perempuan yang memilliki lebih dari lima pasangan seksual ini menyebabkan 12 kali lipat kemungkinan virus penyebab dari kanker serviks yakni Human Papiloma Virus atua yang seringkali disebut HPV. Tidak hanya itu saja, perempuan yang pernah melakukan hubungan seksual di bawah usia 188 tahun ini juga telah beresiko untuk terkena kaner serviks.

Copyright ©Wow Keren

Dirinya telah menyebutkan bahwa sebanyak 99,7 persen kasus kanker serviks ini disebabkan oleh virus HPV. Tofan mengatakan bahwa sementara itu virus HPV ini sangatlah mudah berpindah dan juga terdapat di berbagai tempat.

BACA JUGA : Bukan Hanya Nyeri, Ini Dia Gejala Jantung Bermasalah!

Selain itu Tofan juga mengingatkan bahwa pentingnya melakukan deteksi dini dengan metode IVA ataupun pap smear agar kanker serviks ini bisa disembuhkan sebelum ke stadium yang lebih parah lagi. Tofan menjeaskan “Kalau hasil IVA positif, jangan takut, harusnya bersyukur karena masih dalam status prakanker, 100 persen bisa sembuh”.

WAJIB BACA :  Upaya Mencegah dan Mendeteksi Kanker Serviks!

Selain itu kanker serviks ini paling banyak menyerang wanita di dalam usia produktif dengan rentan waktu 36 hingga 55 tahun. Untuk mencegah hal tersebut, tindakan promotif dan juga preventif ini merupakan salah satu solusinya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

baca juga : 

6 Ciri Ciri Kanker Tulang yang Mudah Dikenali!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here