Jokowi Tunda Rencana Pembentukan Densus Tipikor!

0
1129
Jokowi
Copyright ©poskotanews

Jokowi Tunda Rencana Pembentukan Densus Tipikor!

Indowarta.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah mengambil keputusan untuk melakukan penundaan pembentukan Datasemen Khusus Tidak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) Polri. Keputusan ini disampaikan dalam rapat di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/10/17).

BACA JUGA : Anggaran Besar, Densus Tipikor Dinilai Tak Adil Bagi kejaksaan!

“Diputuskan bahwa pembentukan Densus Tipikor untuk sementara ditunda untuk kemudian dilakukan pendalaman lebih jauh lagi,” kata Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, setelah rapat.

Terkait dengan pengkajian rencana pembentukan Densus Tipikor, Wiranto menambahkan, hal itu akan diserahkan ke Kemenko Polhukam. “Itu akan diserahkan kepada Menko Polhukam untuk mendalami lebih jauh lagi sehingga nanti pada saat yang tepat tentu kita akan ada penjelasan lagi mengenai hasil pendalaman itu,” jelas dia.

WAJIB BACA :  AHY Siap Nyapres Saingi Jokowi, PDIP Buka Suara!

Saat ditanya terkait kapan yang waktu yang tepat untuk pembentukan Densus Tipikor tersebut, Wiranto mangaku, pihaknya sekarang ini masih belum dapat memastikan. Namun, dia meminta agar polemik mengenai pembentukan ini untuk segera dihentikan.

Jokowi
Copyright ©Antara

“Maka dengan demikian, isu mengenai ini kita berhenti dulu. Enggak usah kita perpanjang lagi isu mengenai Densus Tipikor ini,” ungkap dia.

BACA JUGA : Jika Disetujui, Seperti Apakah Densus Tipikor itu?

Dalam rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi itu juga turut dihadiri oleh Ketua KPK Agus Rahardjo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur.

Sedangkan dari pihak kepolisian, hadir Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Rikwanto.Sebelumnya diketahui, polri sudah melakukan pembahasan internal mengenai adanya pembentukan Densus Tipikor.

WAJIB BACA :  Kartu Kuning Untuk Jokowi Dianggap Cara Kritik yang Efektif!

Untuk melakukan pembentukan itu, Polri membutuhkan dana mencapai Rp 2,6 triliun . Anggaran itu sudah termasuk dalam belanja pegawai sebanyak 3.560 personel yang mencapai Rp 789 miliar, belanja barang sekitar Rp 359 miliar dan belanja modal yang mencapai Rp 1,55 triliun.

Dalam Densus Tipikor ini, nantinya akan dipimpin langsung oleh seorang bintang dua, serta melakukan pembentukan satgas tipikor kewilayahan. Satgas itu nantinya terdiri dari tiga tipe, yaitu tipe A (enam satgas), tipe B (14 satgas) dan tipe C (13 satgas).

BACA JUGA: Kapolri Instruksikan Tangkap Pemesan dan Pemberi Dana Saracen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here