Di Sah kan, Perppu Ormas Resmi Jadi Undang undang!

0
704
Perppu Ormas
Copyright ©okezone

Di Sah kan, Perppu Ormas Resmi Jadi Undang undang!

Indowarta.com – Sidang paripurna membahas pengesahan Perturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas) digelar pada Selasa, 24 Oktober 2017 kemarin. Hasilnya DPR mengesahkan Perppu Ormas Nomor 2 tahun 2017 tersebut menjadi UU.

Dengan pengesahan tersebut artinya kini Perppu tentang Ormas telah resmi menjadi undang-undang menggantikan UU Nomor 17 tahun 2013. Rapat paripurna itu sendiri digelar di gedung DPR, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan. Rapat terlihat berjalan dengan alot karena fraksi DPR mengenai Perppu ini terbelah ada yang setuju dan ada yang tidak setuju.

Nampak ada tiga peta kekutan mengenai sikap fraksi dalam Perppu Ormas tersebut. Partai yang menyatakan dukungan perppu itu disahkan menjadi undang-undang pengganti UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas ialah PDI Perjuangan, NasDem dan Golkar.

WAJIB BACA :  SBY Minta Perppu Ormas Segera di Revisi!

Kemudian ada 3 fraksi lainnya yang menyatakan setuju perppu ini disahkan menjadi UU namun dengan catatatan dan mereka adalah PKB, Demokrat dan PPP. Ketiganya menyetujui perppu menjadi UU asalkan dilakukan revisi jika benar perppu itu disahkan menjadi UU. Sedangkan tiga partai lainnya yakni Gerindra, PKS dan PAN tetap konsisten menolak perppu sejak awal.

Perppu Ormas
Copyright ©nasionalkompas

Rapat paripurna saat itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPR, Fadli Zon. Nampak sejumlah anggota Dewan menyampaikan pandangannya dan sikapnya pun sama yakni seperti sikap resmi setiap fraksi. Sidang ini sendiri juga sempat diskors untuk lobi-lobi.

Sejumah perwakilan fraksi DPR hadir dan juga sejumlah pejabat pemerintahan lainnya. Turut hadir pula dalam sidang Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Thahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly serta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

WAJIB BACA :  Fahri Hamzah Yakin Perppu Ormas Akan Dibatalkan!

Hasil rapat paripurna itu yakni 7 fraksi sepakat dengan Perppu Ormas, tapi dengan catatan akan ada revisi setelah disahkan menjadi UU. Sedangkan tiga fraksi yakni Gerindra, PAN dan PKS tetap konsisten menolak. Voting pun akhirnya dilakukan dengan 7 fraksi melawan 3 fraksi.

Fadli mengatakan akhirnya perppu tentang Ormas disepakati menjadi UU setelah perhitungan voting. ‘Rapat paripurna menyetujui Perppu Nomor 2/2017 tentang Ormas menjadi UU setelah diperoleh suara dari total 445 yang hadir, setuju 314 dan yang tidak setuju 131 anggota‘ ujarnya sembari mengetuk palu tanda pengesahan.

Berikut ini ahsil voting fraksi :

– PDIP (108)
– Golkar (71)
– Gerindra (-)
– Demokrat (42)
– PAN (-)
– PKB (32)
– PKS (-)
– PPP (23)
– NasDem (23)
– Hanura (15)

Baca juga : DPR Gelar Rapat Paripurna Sahkan Perppu Ormas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here