Gara-Gara FB Salah Terjemahkan Status, Pria Asal Palestina Ini Diciduk Polisi Israel!

0
2119
FB
Copyright©antaranews

Gara-Gara FB Salah Terjemahkan Status, Pria Asal Palestina Ini Diciduk Polisi Israel!

Indowarta.com – Media sosial Facebook sering digunakan untuk orang berbagi foto maupun video apa yang tengah dilakukannya. Namun jika tak berhati-hati layanan ini akan membawa kita ke pihak hukum. Mulai tulisan ataupun unggahan konten apapun yang diunggah melalui FB akan diseleksi dan menajdi perhatian.

Salah satunya yang dialami oleh seorang pria asal Palestina yang harus berurusan dengan kepolisian Israel. Polisi Israel menangkap pria itu karena mengunggah foto yang disertai dengan kalimat.

Unggahan pria itu pun menjadi sumber perkara lantara mesin Facebook salah menerjemahkan tulisanya. Pria tersebut sebenarnya hanya menuliskan ucapan ‘Selamat pagi’ sebagai pengiring foto yang ia unggah melaui FB. Nampak foto yang diunggahnya itu menampilkan dirinya berpose di depan sebuah mesin bulldozer.

WAJIB BACA :  Penulis Asal Belanda Ini Curhat Di FB Saat Dilecehkan Oleh Seseorang Ketika Berkunjung Ke Solo !

Kepolisian Israel melihat unggahan berupa foto yang disertai tulisan itu sebagai ancaman. Masalahnya mereka melihatnya dalam versi terjemahan Facebook. Sedangkan terjemahan media sosial ini salah yakni ucapan ‘selamat pagi’ yang menggunakan bahasa Arab diubah menjadi kata ‘lukai mereka’ dalam bahasa Ibrani.

FB
Copyright©tempodunia

Hal terjadi pasalnya penerjemah Facebook dari bahasa Arab ke Bahasa Inggris tidak sempurna. Melihat terjemahan ‘lukai mereka’ dengan foto disamping buldozer membuat polisi Israel langsung mengaitkan pria Palestina ini sebagai pelaku serangan yang menggunakan bulldozer beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui jika warga Israel pernah dibuat resah oleh seorang pelaku tabrak lari menggunakan bulldozer. Namun beruntung Polisi tersadar jika mesin penerjemah Facebook melakukan kesalahan. Mereka pun mengaku sudah menginterpretasi status yang dibuat pria tersebut.

WAJIB BACA :  Viral di FB, Beli Tiket Lion Air, Misteri Refund di Traveloka!

Setelah mengetahui jika inisiden ini hanya kesalahan teknis, akhirnya si pria Palestina itu dilepas setelah menjalani pemeriksaan beberapa jam. Pria itu mengaku telah menghapus foto dan status yang diunggahnya di akun Facebook pribandinya.

Sementara itu terkait kasus ini, FB sudah menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pengguna ataupun masyarakat yang terdampak kesalahan penerjemah mesin mereka. ‘Sistem penerjemah kami pekan lalu error. Meskipun sistem lebih baik setiap harinya, kesalahan semacam ini bisa sewaktu-waktu terjadi dan kami pun telah melakukan tindakan’ jelas Facebook.

Baca juga : Viral di FB, Video Pertengkaran Emak-Emak Lawan Wanita Muda di Jalanan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here