Awas, Ini 4 Risiko Membahayakan Akibat Rokok Elektrik Vape!

0
856
Vape
Copyrigth©hellosehat

Awas, Ini 4 Risiko Membahayakan Akibat Rokok Elektrik Vape!

Indowarta.com – Banyak orang beranggapan kalau rokok elektrik atau vape adalah salah satu alternatif yang baik untuk mengantikan rokok tembakau. Namun ternyata adanya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

BACA JUGA : Wanita Perokok Jauh Lebih Berisiko Terkena Kanker Serviks!

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University North Carolina (UNC) di AS menyatakan, bahwa vape ternyata memicu respons kekebalan unik paru-paru, yang dapat menyebabkan seseorang mengalami radang mematikan.

Dalam penelitian itu, pengguna vape dapat meningkatkan kandungan netrofil pada saluran pernafasan mereka. Sehingga dengan itu, jumlah netrofil yang tak terkendalikan akan menyababkan radang pada paru-paru, seperti halnya Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) and cystic fibrosis.

WAJIB BACA :  Muncul Lagi Korban Rokok Elektrik 'Vape' Meledak, Gigi Pria Satu ini Rontok !

Dalam studi tersebut, sejumlah peneliti sudah melakukan perbandingan sampel dari 15 pengguna vape dengan 14 perokok tembakau dan juga 15 orang yang tidak menggunakan rokok. Hasil dari studi tersebut menyatakan kalau rokok elektrik itu menimbulkan beberapa konsekuensi negatif layaknya rokok tembakau.

“Data kami menunjukkan bahwa rokok elektrik memiliki tanda bahaya di paru-paru yang mirip dengan yang kami lihat pada perokok (tembakau),” ujar Mehmet Kesimer dari UNC School of Medicine.

Vapor (1)
Copyright ©kompas

Seperti dilansir dari Boldsky, berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan vape:

  1. Dehidrasi

Kadungan propylene glycol pada rokok elektrik dapat menyababkan penggunya mengalami dehidrasi. Saat menggunakannya, anda akan menarik kelembaban lingkungan yang masuk pada mulut setelah itu rongga.

  1. Sakit Perut
WAJIB BACA :  Dianggap Lebih Aman, Penjualan Rokok Elektrik Akan Dilegalkan?

Tidak sedikit orang yang sudah mengalami sakit perut saat menggunakan vape. Hal ini dipicu dari nikotin yang terkandung dalam rokok elektrik tersebut.

  1. Batuk

Efek yang paling menonjol dari penggunaan rokok elektrik adalah batuk, khsusnya kepada seseorang yang baru memakainya. Sejumlah penelitian sudah membuktikan kalu batuk merupakan salah satuk efek dalam penggunaan vape.

  1. Pusing

Memang banyak orang yang mengalami dehidrasi setelah menggunakan rokok elektrik ini. Dari kondisi tersebut maka juga akan menimbulkan gejala lainnya, yaitu sakit kepala. Selain itu nikotin yang terkandung juga dapat menyebabkan punsing.

BACA JUGA : Vapor Lebih Berbahaya Ketimbang Rokok Konvensional?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here