Miris, Segini Upah Pekerja Pabrik Petasan Meledak, Rp 40 Ribu Sehari dengan Syarat . .

0
1851
Kebakaran Gudang Mercon,
Copyright ©Antara

Miris, Segini Upah Pekerja Pabrik Petasan Meledak, Rp 40 Ribu Sehari dengan Syarat . .

Indowarta.com – Komisioner Komnas HAM Sianne Indriani sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah korban ledakan pabrik mercon atau petasan yang berada di Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten. Berdasarkan pengakuan dari para korban telah membuat miris.

BACA JUGA :  Cerita Warga Soal Penanganan Banjir Antara Ahok dan Anies Baswedan!

Setelah kejadian pebrik petasan meledak itu, Sianne datang ke lokasi kejadian yang berada di di Jalan Salembaran Raya, Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (27/10/2017). “Ini korban jumlahnya cukup fantatis ya, 47 orang luar biasa sekali,” ungkap di kepada wartawan di lokasi.

Melihat jumlah korban yang mencapai puluhan orang dalam insiden pabrik petasan meledak ini, sudah membuat Sianne prihatin. Pihaknya juga telah mengkritik keberadaan pabrik itu yang dinilainya sangat dengan dengan pemukiman warga serta lingkungan sekolah.

WAJIB BACA :  Polda Metro Jaya Umumkan Tersangka Pabrik Petasan Meledak Siang Ini!

Sebelum dia datang kelokasi kejadian, kata Sianne, pihaknya telah menjenguk sejumlah korban dalam insiden pabrik petasan meledak itu yang masih mendapatkan perawatan di RSUD Tangerang. Pada saat itu, dia menyoroti adanya karyawan pabrik yang masih dibawah umur, yaitu Siti Fatimah (15).

Komisioner Komnas HAM Sianne Indriani
Copyright ©Detik

Sekarang ini, Fatimah sedang menjalani perawatan di ruang ICU karena kondisi luka bakarnya yang dialaminya dalam insiden pabrik petasan meledak itu cukup parah. Berdasarkan informasi, dia telah mengalami luka bakar hingga 60% dari seluruh tubuhnya.

BACA JUGA : Polisi Sudah Kantongi Penyebar Video Hot Hanna Anisa!

Sianne mengatakan, kalau dirinya juga sudah melakukan wawancara dengan sejumlah korban lainnya yang masih mendapatkan perawatan. Berdasarkan pengakuan mereka, banyak dari pekerja pabrik petasan meledak itu adalah perempuan.

WAJIB BACA :  Ketika Mulan Jameela Mengadu ke Komnas HAM Terkait Kasus Ahmad Dhani !

“Kami sudah wawancara dengan korban. Mereka menyatakan banyak pekerja ibu dan anak-anak,” ungkap Sianne.

Para pekerja bagian packing itu mengaku kepada Sianne, kalau mereka hanya digaji RP 40 ribu per harinya, dalam satu kelompok bagian ini terdiri dari lima orang. Dalam target yang telah diberikan, mereka harus mampu untuk menyelesai 1.000 packing dalam satu hari dan jika tidak mencapai target tersebut maka akan ada pemotongan upah.

“Karena untuk bagian packing tidak ada kontrak, tidak ada aturan apa pun, yang penting borongan lepas. Satu kelompok 5 orang itu target 1 hari seribu pack. Kalau dapat seribu, per orang dapat Rp 40 ribu per hari. Kalau tidak mencapai seribu, dipotong ada sampai hanya 20 ribu per hari,” pungkasnya.

BACA JUGA : Kronologis Karyawati Bank Terseret Jambret Hingga Tewas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here