Hati Hati, Ini Penyebab Tulang Rentan Diserang Sel Kanker!

0
1689
Kanker
Copyright©herbal

Hati Hati, Ini Penyebab Tulang Rentan Diserang Sel Kanker!

Indowarta.com – Kita ketahui jika kanker payudara menjadi salah satu penyebab utama kematian kaum wanita. Memang benar kanker satu ini merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang diderita oleh wanita di Indonesia bahkan di dunia.

Jika kita mendengar penyakit kanker tentunya mendengar pula istilah metastasis. Cukup diketahui bahwa metastisis sendiri merupakan penyebaran sel kanker dari organ asalnya misalnya saja payudara ke tempat yang lain.

Pada saat sel kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain, maka bisa dikatakan kualitas hidup penderita semakin buruk. Pasalnya jika itu terjadi kanker akan sulit ditangani, bahkan bisa jadi tak dapat ditangani sehingga akhirya menyebabakan kematian.

WAJIB BACA :  Awas. .Ini Tanda-tanda Kanker Ovarium Bagi Wanita!

Pada awalnya kanker payudara sendiri atau terlihat begitu signifikan. Namun pada stadium lanjut, kanker ini bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti tulang, hati hingga paru-paru. Tercatat sekitar 70 hingga 80 persen penderita kanker payudara stadium lanjut memiliki penyebaran pada bagian tulang.

Kanker
Copyright©nayaritenlinea

Mengenai hal ini juga dijelaskan oleh Prof.dr.Errol Hutagaling, sSp,.B, SpMBO (K). ‘Dari data yang didapat dari Amerika Serikat menunjukan sebanyak 50 persen sel kanker diluar tulang berpotensi menyebar ke tulang. Hasil pemeriksaan post martem menunjukan sebanyak 85 persen penderita penyakit ini meninggal akibat kanker di luar tulang karena kanker sudah menyebar ke tulang’ ujarnya saat ditemui dalam acara Seminar Nasional di Ballroom Millenial Hotel Sirih, Jakarta Pusat berapa watu terakhir.

WAJIB BACA :  Munculnya Ratusan Kasus Kanker Serviks dan Kanker Payudara di Sleman!

Prof.dr. Error Hutagaling menyebutkan ketika kanker menyebar ke tulang, disitulah tulang baru akan rapuh. Selain itu kanker ini juga dapat menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang. Lalu seperti apa gejala kanker payudara sudah menyebar ke tulang?

Menurut dr Walta Gautama menyebutkan jika metastasis ditandai dengan nyeri yang progresif dan berat, pembengkakan, dan tulang menjadi lebih mudah retak dan patah. Kanker yang menyebar ke tulang belakang dapat menyebakan kompresi sumsum tulang belakang sehingga dapat mengganggu fungsi usus dan kandung kemih.

Sementara dokter biasanya menganjurkan tes pencitraan, termasuk X-ray atau scan tulang (Scintigraphy) bagi penderita kanker payudara. Untuk tes pencitraan dilakukan guna membantu diagnosis maupun pengangkatan tumor. Namun perlu diketahui jika proses metastasi tulang pada kanker payudara tak dapat dicegah.

WAJIB BACA :  Melakukan Latihan Ini Bisa Pangkas Risiko Kanker Sebesar 31 Persen!

Sebagian upaya terapi untuk kanker payudara mempunyai efek samping dalam menguragi kepadatan tulang. Banyak perawatan kanker primer yang dapat digunakan untuk mengatasi metastasis ke tulang. Perawatan dilakukan untuk menghentikan penyebaran tumor dan mengecilkan atau mengangkat tumor yang ada.

Baca juga : Untuk Sembuh Total, Pasien Kanker Payudara Harus Dapat Dukungan Psikis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here