1 Orang Boleh Regitrasi 3 Nomor Kartu Prabayar Via SMS!

0
730
Registrasi kartu prabayar
Copyright©kompastekno

1 Orang Boleh Regitrasi 3 Nomor Kartu Prabayar Via SMS!

Indowarta.com – Kali ini pengguna ponsel prabayar seluruh Indonesia diwajibkan untuk regitrasi kartu prabayar mereka mulai Selasa, 31 Oktober 2017. Registrasi ulang SIM Card ini berlaku untuk pengguna baru maupun pengguna lama.

Registrasi sendiri dapat dilakukan dengan mengirimkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Perlu diperhatikan jika setiap orang dengan satu nomor NIK dan KK bisa menggunakan untuk maksimal tiga operator seluler yang sama maupun berbeda.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri (PM) Kemeterian Komunikasi dan Informatian (Kemkominfo) Nomor 21 Tahun 2017. Tertera dalam Pasal 11 ayat 1 tentang Calon Pelanggan Prabayar hanya melakukan registrasi sendiri sebagaimana dimaksudkan dalam Pasal 4 ayat (2) paling banyak 3 Nomor MSISDN atau Nomor Pelanggan untuk setiap NIK pada setiap Penyelengagra Jasa Telekomunikasi.

WAJIB BACA :  Skema Blokir Kartus SIM Prabayar Lantaran Tak Lakukan Registrasi!

Sedang peraturan Pasal 4 Ayat 2 berisi ‘Jika pelanggan membutuhkan lebih dari tiga nomor, maka pelanggan hanya bisa melakukan registrasi di gerai-gerai penyedia layanan operator seluler’.

SIM Card Prabayar
Copyright ©Kompas

Maka dari itu dipastikan jika regitrasi kartu prabayar setiap satu orang hanya bisa dilakukan sebayak tiga kali. Jika menginginkan registrasi lebih dari itu bisa datang ke gerai operator layanan untuk melakukan registrasi.

Peraturan ini sendiri berlaku untuk semua pengguna ponsel kartu prabayar. Diterapkannya peraturan ini guna mencegah penyalahgunaan nomor serta melindungi konsumen dari tindak kejahatan seperti penipuan, spam hingga teror.

Kemudian perlu diingat jika pelanggan lama yang sudah mempunyai kartu SIM prabayar juga diwajibkan melakukan registrasi ulang sebelum sebelum tanggal 31 Oktober 2017. Batas waktu yanag diberikan pemeritah paling lambat tanggal 28 Februari 2017.

WAJIB BACA :  Data Registrasi SIM Card Tak Laku Dijual!

Regitrasi kartu prabayar sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yakni dengan mendatangi gerai resmi oprator atau hanya mengirimkan pesan teks (SMS). Untuk pesan teks Anda hanya perlu memasukan NIK dan KK kemduian kirim ke 4444.

Sementara itu pelanggan mesti menggunakan nomor NIK dan KK asli. Pasalnya NIK dan KK palsu tak bisa digunakan karena operator seluler secara otomatis akan mencocokan informasi yang dikirim pelanggan dengan pusat data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Apabila data yang dikirim sudah asli dan benar tapi tak kunjung tervalidasi oleh sistem operator. Pelanggan bisa melakuan aktivasi kartu SIM prabayar dengan mengisis surat pernyataan.

Baca juga : Hal yang Perlu Diketahui Soal Registrasi SIM Card!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here