Makan Pedas, Ibu Menyusui Bisa Bikin Bayi Mencret?

0
1039
Kanker Payudara
Copyright©hellosehat

Makan Pedas, Ibu Menyusui Bisa Bikin Bayi Mencret?

Indowarta.com – Pastinya setelah melahirkan si buah hati, seorang ibu harus memberikan ASI pada buah hatinya untuk pertumbuhan. Namun banyak yang beranggapan kalau ibu menyusui tidak diperbolehkan untuk makan-makanan pedas, karena akan menyebabkan pemicu diare.

BACA JUGA : Berikut, ,Obat Sakit Gigi Berlubang Untuk Ibu yang Sedang Menyusui !

Namun, apakah benar hal itu akan terjadi? menanggapi adanya anggapan tersebut, dr. Boy Abidin, SpOG mengatakan, kalau hal tersebut adalah sebuah mitos dan tidak benar-benar terjadi jika dilakukan oleh seorang ibu menyusui.

“Itu enggak ada kaitannya, ya. Makanan yang dimakan ibu akan disaring dan masuk ke lambung melalui aliran darah. Jadi yang keluar lewat ASI itu sudah melalui proses pencernaan dan ASI enggak ikut pedes juga,” jelas dia dalam acara Media Visit Smartmama.com bersama Jesika (Jemput ASI Seketika) di SCTV Tower, Selasa (31/10/2017).

WAJIB BACA :  Berikut, ,Obat Sakit Gigi Berlubang Untuk Ibu yang Sedang Menyusui !

Selain memberikan pernyataan mengenai adanya hal tersebut, dia juga menyampaikan pesan kepada seluruh ibu menyusui buah hatinya, agar mereka tidak percaya dengan adanya sejumlah mitos yang beredar sekarang ini.

Kanker Payudara
Copyright©lagizi

Yang terpenting untuk seorang ibu menyusui adalah harus selalu menjaga kesehatan mereka dan tetap mengonsumsi makanan yang memiliki gizi tinggi. Selain itu, mereka juga harus cukup tidur yang teratur setiap hari.

BACA JUGA : Perhatikan, Ini Tanda Sel Kanker Sudah menyebarr Ke Tulang Belakang!

“ASI banyak dipengaruhi oleh faktor psikologis. Makan saja yang baik, cukup tidur dan tidak perlu diet,” kata dia.

Salah satu keajaiban ibu menyusui adalah dapat menjadi kontrasepsi alami untuk mencegah terjadinya kehamilan lagi. Namun, hal ini tidak sepenuhnya menjadi pencegahan untuk kehamilan yang tidak terencana.

WAJIB BACA :  Berikut, ,Obat Sakit Gigi Berlubang Untuk Ibu yang Sedang Menyusui !

Dibutuhakan adanya perhatian yang cukup ekstra pada beberapa hal, seperti bayi wijib meyusui secara eklusif, kurangi pemberian makanan tambahan, dan ibu masih belum masuk dalam masa menstruasi. Jika salah satu hal tersebut tidak sesuai maka akan meningkatkan kehamilan lagi.

Oleh karena itu, untuk mejadikan perencanaan keluarga sejahtera. Sebaiknya ibu menggunakan alat kontrasepsi yang aman untuk seorang ibu menyusui. Alat kontrasepsi yang aman ini dalam artian tidak mengandung hormon estrogen, kerana akan menekan kadar hormone prolactin.

BACA JUGA : Benarkah Minyak Kelapa Bisa Membuat Gemuk, Mitos?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here