Ingat, Aturan Baru Taksi Online Resmi Berlaku Mulai Hari Ini 1 November!

0
773
Tarif Taksi Online
Copyrigth©newshub

Ingat, Aturan Baru Taksi Online Resmi Berlaku Mulai Hari Ini 1 November!

Indowarta.com – Adanya regulasi mengenai taksi online sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) Nomor 108 Tahun 2017 tentang Angkutan Orang Tidak dalam Trayek, sudah resmi diberlakukan oleh Kementerian Perhubungan mulai Rabu, 1 November 2017.

BACA JUGA : Siap Siap, Operasi Zebra Akan Digelar Mulai 1 November Besok!

Untuk memberikan sosialisasi adanya aturan baru taksi online itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah memutuskan untuk memberikan waktu selama tiga bulan sejak resmi ditetapkan pada 1 November 2017.

“Ada transisi (sebelum aturan diberlakukan). Sekarang ini teman-teman masih sosialisasi. (Transisinya) bisa satu bulan bisa tiga bulan,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Yogyakarta, Selasa (31/10/2017).

WAJIB BACA :  Video Rekaman Driver Taksi Online Tak Sopan Rayu Penumpangnya Ini Bikin Heboh!

Permenhub Nomor 108/2017 ini merupakan pengganti dari Permenhub Nomor 26 Tahun 2017 tentang mengenai Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Dalam revisi yang sudah dilakukan ini, ada 9 poin aturan baru taksi online yang mencangkup tarif, argometer taksi, wilayah operasi, kuota, persyaratan minimal kepemilikan kendaraan, perencanaan kebutuhan kendaraan, pemenuhan adanya salinan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT), peran aplikator, dan bukti pemilikan kendaraan bermotor domisili TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor).

taksi online
Copyrigth©Tribunnews

Terkait dengan diberlakukannya pembatasan wilayah operasi dalam aturan baru taksi online ini, Menhub mengungkapkan, kewenangan ini akan diserahkan kepada pemerintah daerah masing-masing untuk menentukan batasan wilayah.

BACA JUGA : Aturan Baru Taksi Online, Mulai Dari Tarif Makin Mahal Sampai Asuransikan Penumpang!

“Wilayah kami berikan konsep tapi pemerintah daerah nanti yang memutuskan, tinggal mereka berkomunikasi seperti apa,” ujarnya.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Taksi Online Akan Dipasangi Stiker Khusus Mulai 1 April Nanti!

Ada sejumlah konsekuensi yang akan diterapkan dalam kurun waktu transisi tiga bulan tersebut, seperti adanya uji KIR kendaraan dan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang kemungkinan akan diberikan batasan waktu paling pendek.

“Ada beberapa (konsekuensi) yang akan kita berlakukan. Dalam satu dua hari ini akan kita finalkan. (Konsekuensi) misalnya KIR sama SIM lah kita kasih waktu lebih pendek mungkin sebulan paling lama,” jelas dia.

Menhub menyatakan, kalau muculnya kontroversi terhadap aturan baru taksi online itu merupakan sebuah hal yang wajar terjadi. Namun, pihaknya menyakini seiring berjalannya waktu antara taksi konvensional maupun taksi online dapat menerima adanya aturan tersebut.

“Yang perlu dipahami, kalau untuk sopir itu kita bela mereka. Tarif batas bawah itu agar mereka dapat tarif yang baik, kuota agar mereka jangan berlebihan. Kalau benar didengarkan, dipahami, pasti mereka akan terima,” tutur Menhub.

BACA JUGA : Berita Terkini: Lalu Lintas DKI Jakarta Kembali Macet Saat Hari Pertama Masuk Kerja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here