Tahi Lalat Adalah Gejala Kanker Kulit!

0
661
Kanker Kulit
Copyright©hipwe

Tahi Lalat Adalah Gejala Kanker Kulit!

Indowarta.com – Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti dan jenisnya pun juga ada banyak. Salah satunya kanker kulit melanoma yang ternyata menjadi salah satu penyakit yang mematikan.

Meksipun menjadi salah satu kanker dengan kasus kematian tidak terlalu tinggi, namun kanker ini cukup mematikan sebab dapat penyebar ke organ tubuh lain dengan cepat. Mengenai kanker yang satu ini juga dijelaskan oleh Dokter dari Rumah Sakit Dharmais, Aida S Suriadireja.

Dia mengatakan jika kanker kulit jenis ini bisa dideteksi sejak dini dengan cara Sakuri atau periksa kulit sendiri. ‘Kita bisa memeriksa sendiri kulit untuk mendeteksi adanya ciri-ciri yang timbul. Yang perlu disiapkan hanya kaca ukuran sesuai dengan tubuh, cermin kecil dan pengering rambut’ ujar Aida saat ditemui di Jakarta pada Senin, 30 Oktober 2017 lalu.

WAJIB BACA :  Pentingnya Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini!

Hal pertama yang dapat dilakukan yakni membuka pakaian dan meriksa tubuh bagian depan. Selanjutnya miring ke kanan dan ke kiri dengan mengangkat tangan serta periksa pula kulit kepala dengan cermin kecil dan pengering rambut.

Kanker Kulit
Copyright©news

Aida mengatakan supaya memerhartiakn tanda-tanda seperti halnya tahi lalat yang ada di seluruh tubuh. Perhatika dengan ciri-ciri ABCDE yakani Asimetri atau Simetris (A), Border atau permukaan (B), Colour atau warna (C), Diameter atau lebar lingaran tahi lalat dan ciri berbeda (D) serta Evolving atau perkembangan (E).

Pada tahi lalat yang berbentuk simetris, itu menandakan tak ada tanda-tanda karena kanker melanoma tidak simetris. ‘Melanoma tak simetris, tapi ada pelebaran pada beberapa bagian tahi lalat‘ ujar Aida.

WAJIB BACA :  Orang Tinggi Lebih Rentan Terkena Kanker Lho, Kok Bisa?

Sedangkan tahi lalat yang normal biasanya mempunyai permukaan licin dan untuk melanoma permukaannya kasar jika diraba. Selain itu untuk tahi lalat normal berwarna gelap, tapi untuk melanoma berwarna kecoklatan atau hitam dengan diameter yang lumayan besar yakni 6 milimeter.

Perhatikan pula perkembangan ataupun perubahan yang ada pada tahi lalat tersebut. Memang tak ada rasa nyeri pada awal tanda-tanda melanoma, tapi jika sudah parah akan terasa seperti dijapit kepiting secara berulang kali.

Sementara itu untuk kemungkinan sembuh menurut Aida pada penderita melanoma stadium 1 hingga 2. Namun kanker kulit ini akan lebih mematikan dan kemungkinan sulit disembuhkan jika sudah memasuki stadium 3. Adapun orang yang kerap menderita kanker ini ialah mereka yang berkulit putih, mata hijau, rambut merah da pirang. Hal tersebut dikarenakan mereka memiliki pigmen kulit sedikit dan kecil.

Baca juga : Hati Hati, Ini Penyebab Tulang Rentan Diserang Sel Kanker!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here