Jokowi Menang Tipis Atas Prabowo di Jawa Barat 2019!

0
1666
Jokowi dan Prabowo
Copyright ©Antara

Jokowi Menang Tipis Atas Prabowo di Jawa Barat 2019!

Indowarta.com – Sejumlah lembaga survei telah melakukan surveinya terkait dengan Pemilu 2019 mendatang, dari survei yang telah dikeluarkan oleh sejumlah lemabaga tersebut menyatakan kalau Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih menjadi pilihan masyarakat jika dibandingkan dengan sejumlah tokoh lainnya.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Berdayakan Tukang Becak untuk Pernikahan Kahiyang Ayu!

Salah satunya survei beberapa waktu ini yang telah dilakukan lembaga penelitian Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan, Jokowi berpeluang menang tipis terhadap Kartua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di kawasan Jawa Barat untuk Pemilu 2019 mendatang.

Bersama dengan Jawa Barat dan Jawa Timur, Jawa Tengah merupakan sebuah lumbung suara yang penting untuk tiap pemilu yang telah digelar. Para responden lebih mendominasikan pemilihannya pada Jokowi dan Prabowo untuk Pemilu 2019 nanti dari sejumlah nama bakal calon presiden yang beredar.

WAJIB BACA :  Keluarga Aktivis 98 Dukung Kubu Jokowi, BPN Prabowo: Hanya Dimanfaatkan !
Jokowi-JK
Copyright ©nasionalkompas

“Dari sejumlah nama bakal calon presiden yang beredar, Jokowi dan Prabowo masih mendominasi dukungan warga Jawa Barat. Dalam simulasi dua nama, Jokowi memperoleh dukungan 48,8 persen sedangkan Prabowo 43,8 persen,” ungkap Direktur Eksekutif SMRC, Djayadi Hanan, saat pemaparan hasil survei, di Jakarta, Kamis.

BACA JUGA : Jokowi Sentil Kota Semarang Lewat Status FB, Begini Reaksi Walikota!

Untuk pemilu yang dilakukan pada 2014 lalu, Jokowi telah mendapatkan 40,2 persen suara di Jawa Barat, sedangkan Prabowo sendiri telah unggul jauh dengan perolehan mencapai 59,8 persen. Namun dalam survei yang dilakukan sekarang ini Jokowi telah mengungguli Prabowo di Jawa Barat.

“Tetapi perolehan suaranya belum aman karena belum melebihi 50 persen,” tutur Hanan.

WAJIB BACA :  Jokowi Tunda Rencana Pembentukan Densus Tipikor!

Pihaknya menambahkan, dari empat kali survei yang telah dilakukan oleh SMRC sejak Pilpres 2014 lalu, terlihat adanya penurunan dukungan pada Prabowo. Tidak hanya itu, gubernur terpilih Jawa Barat telah memiliki pengaruh untuk perolehan suara Pemilu di kawasan Jawa Barat.

“Jadi Pilkada Jawa Barat memang menarik perhatian, sebab jumlah pemilih di Jawa Barat adalah 18 persen dari total pemilih nasional. Selain itu biasanya orang yang diperkenalkan gubernur Jawa Barat itu akan memenangi Pemilu di Jabar,” ujar Hanan.

BACA JUGA : Intip Program Dana Desa Jokowi Sebagai Pengganti BLT!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here