Begini Nasib Penyebar Meme Setya Novanto!

0
752
Setya Novanto
Copyright ©liputanbanten

Begini Nasib Penyebar Meme Setya Novanto!

Indowarta.com – Ketua DPR RI Setya Novanto telah datang ke Bareskrim Polri untuk melaporkan sejumlah akun media sosial. Dari laporannya itu, ada sekitar 32 akun media sosial yang telah diduga merupakan penyebar meme Setya Novanto yang bernada penghinaan itu.

BACA JUGA : Dedi Mulyadi Siap Mundur Andaikan Elektabilitas Golkar Menurun!

Setelah adanya laporan tersebut, polisi langsung bergerak cepat dan menangkap salah satu pemiliki akun yang diduga melakukan penyebaran meme Setya Novanto itu, dia adalah Dyann Kemala Arrizqi. Setelah menjalani pemeriksaan, dia ditetapkan menjadi tersangka karena sudah mengunggah meme berujudul “The Power of Setya Novanto” pada akun Instagram miliknya pada 7 Oktober lalu.

WAJIB BACA :  Dijadwalkan Berkunjung Ke NTT, Setya Novanto Mangkir Lagi?

Terkait dengan adanya hal tersebut, Kasubdit II Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Asep Safrudin mengatakan penangkapan yang dilakukan kepada pemilik akun yang diduga melakukan penyebaran meme Setya Novanto itu dilakukan di rumah kontrakannya di kawasan Tangerang, pada 31 Oktober 2017.

“Yang jelas, di sini kami dari jajaran Cyber Crime Bareskrim Polri serius terhadap kasus fitnah seperti ini,” kata Asep.

Setya Novanto
Copyright ©Reuters

Pihak kepolisian mengatakan, adanya penetapan tersangka kepada pemilik akun yang diduga penyebar meme Setya Novanto itu bukan dasar pada sejumlah unsur pidananya saja, namun keterangan yang telah diberikan oleh saksi ahli juga telah didalami dalam kasus ini.

BACA JUGA : Buka Seminar Golkar, Setya Novanto Bicara Soal Ini!

“Penyidik meminta keterangan ahli-ahli bahasa, ahli pidana, ahli komunikasi, ahli ITE, itu yang kemudian bisa memberikan dukungan penjelasan sehingga ada keyakinan dari penyidik bahwa ini memenuhi unsur atau tidak memenuhi unsur,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul, Kamis (2/11/2017).

WAJIB BACA :  Setya Novanto Dihadang, Hukum 'Meradang'!

Namun adanya penangkapan ini masih belum selesai. Ada kemungkinan bertambahknya tersangka yang merupakan pemilik akun media sosial yang sudah melakukan penyebaran meme Setyo Novanto. Karena dalam laporan tercatat ada 15 akun Instagram, 9 akun Twitter, dan 8 akun Facebook yang diduga melakukan penyebaran meme Setya Novanto tersebut.

“Ada beberapa yang kami lakukan pengejaran. Saya enggak bisa sebutkan di mana lokasinya dan apa akun media sosialnya,” ungkap Asep.

Terkait dengan itu, Fredrich Yunadi selaku pengacara Setya Novanto mengatakan, berapa tersangka yang nantinya akan dijerat dalam kasus ini. “Kalau nanti ternyata dalam perkembangannya lebih banyak akun yang seperti itu, ya biarkan penyelidikan kepolisian,” pungkasnya.

BACA JUGA : Meme Setya Novanto yang Berujung Pidana!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here