Melanoma, Kanker Kulit Paling Mematikan!

0
965
Melanoma
Copyright ©medeka

Melanoma, Kanker Kulit Paling Mematikan!

Indowarta.com – Penyakit kanker menjadi mesin pembunuh nomer satu yang mengancam jiwa. Salah satunya kanker kulit melanoma yang ternyata menjadi salah satu penyakit mematikan selain kanker payudara dan serviks.

Melanoma maliga atau melanoma sendiri biasanya cukup sering dialami oleh ras Kaukasian (kulit putih, rambut merah atau terang dan mata biru). Sinar ultraviolet terutama B dan C menajdi penyebab utama kanker kulit yang satu ini.

Dari informasi data RS Kanker Dharmais Jakarta menyebutkan ada 119 kasus kanker ini sejak tahun 2005. Mengenai kanker melanoma ini pun juga dijelaskan langsung oleh Dr.dr, Aida Sofiati Dachlan Hoermardani SpKK (K) dari RS Dharmais, Jakarta. Dia menyebutkan jika penyakit ini merupakan jenis kanker yang ganas dan dengan mudah akan cepat menyebar.

WAJIB BACA :  Penyebab Terbesar Terjadinya Kanker Leher Pada pria!

‘Melanoma merupakan sel kanker yang menyerang melansit atau mereka yang berkulit coklat atau kehitaman. Kanker ini merupakan jenis kanker yang paling ganas dan kanker ini terjadi pada bagian kulit. Untuk pria di badan dan wanita terjadi di bagian tungkai bawah’ ujarnya.

Melanoma
Copyright ©daily women

Cukup diketahui pada stadium awal yakni 1 dan 2, kanker ini bisa diobati. Namun pada jika sudah memasuki stadium lanjut yakni 3 dan 4 kanker akan sulit diobati dan resiko kematian pun snagat tinggi. Kaker kulit jenis ini kerap menyerang mereka yang sudah berusia 50 tahun ke atas.

Aida menambahkan jika resiko kematian untuk kaum laki-laki lebih tinggi dibandingkan kaum wanita. Kemudian selain dari paparan sinar UV, faktor lain yang menyebabkan kanker ini ialah dari diwayat keluarga, bayaknya bintik-intik ditubuh, memiliki tahi lalat bayak, kulit pucat atau mudah terbakar, obat-obatan yang dapat menurunkan kekebalan tubuh dan masih banyak lagi.

WAJIB BACA :  Berbagai Tanda Kanker Payudara yang Sering Diabaikan Oleh Pengidapnya, Waspada!

Sementara itu gejala melanoma bisa berawal dari pertumbuhan kuit baru yang berukuran kecil dan berpigmen. Tanda-tanda muncul akan teretbuknya kanker kulit ini yakni salah satunya terdapat bintik atau tahi lalat yang berigmen biru atau hitam yang ukurannya bertambah besar.

Kemudian cara mencegah kanker ini yakni dengan menghindari kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Untuk mencegahnya Anda bisa memakai pakaian tertutup dari jam 10.00 hingga 16.00 karena sinar matahari pada jam tersebut sangat berbahya.

Baca juga : Tahi Lalat Adalah Gejala Kanker Kulit!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here