WhatsApp Akan Diblokir Rabu Besok?

0
900
WhatsApp
Copyright©republika

WhatsApp Akan Diblokir Rabu Besok?

Indowarta.com– Kementerian Komunikasi dan Informatika kini telah melayangkan surat peringatan kepada perusahaan penyedia layanan chat yakni Whatsapp terkait dengan konten GIF hot yang telah terdapat di dalam aplikasinya. Platform yang dimiliki oleh Fb ini dinilai telah lepas tangan dan juga menyerahkan semuanya pada pihak ketiga. Kominfo pun telah memberikan tenggat hingga hari Rabu 8 November 2017.

BACA JUGA : Heboh Konten GIF Menjurus Pornografi di WhatsApp!

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan di Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Jakarta pada hari Senin 6 November 2017 ini telah mengatakan “Harapannya memang ada kerja sama, responnya bagaimana. Gak bisa berlindung bilang itu tanggung jawab pihak ketiga. Itu tidak bisa kita terima”.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Kenapa WhatsApp Kembalikan Status Berbasis Teks?

Menurut dirinya, seharusnya platform ini bertanggungjawab atau setidaknya memberikan respon keluhan yang dilayangkan oleh masyarakat mengenai konten negatif yang berada di dalam layanan aplikasinya. Terlebih lagi bahwa pihak ketiga ini telah menempel pada aplikasi utama.

Instagram dan whatsapp
Copyright ©newsfirst

Samuel pun telah merujuk kepada Twitter yang menurut dirinya bisa diajak kerja sama untuk menumpas konten negatif di jagad internet. Samuel mengatakan “Laporan masyarakat itu ada 500 ribu. Sebagian besar sudah di-takedown Twitter secara otomatis, sebagian besar juga ditindaklanjuti”.

Samuel pun mempertanyakan mengenai komitmen dari Whatsapp dalam menangapi isu tersebut. Samuel mengatakan “Kan bisa tegur tenor. Kalau enggak ya korbankan saja. Mau korbankan tenor atau Rakyat Indonesia?”.

WAJIB BACA :  WhatsApp Kini Bisa Langsung Mainkan Video Facebook dan Instagram

BACA JUGA : 6 Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas!

Selain itu Samuel juga telah mengatakan bahwa Kementerian akan melakukan pemblokiran terhadap Whatsapp apabila aplikasi perpesanan itu tidak menindaklanjuti surat teguran yang telah disampaikan oleh Kementerian semenjak hari Minggu malam memgenai konten hot yang bisa diakses melalui aplikasinya.

Samuel mengatakan “Whatsapp tidak bisa lepas tangan, harus lakukan pembersihan atau pemblokiran. Kalau tidak, akan kami ‘telegram’-kan (blokir),”. Sesuai dengan peraturan, waktu yang telah diberikan untuk memberikan respon adalah 2 kali 24 jam alias hingga hari Rabu pagi 8 November 2017.

Sebelumnya Samuel sendiri telah mengatakan bahwa telah menghubungi Facebook yang merupakan platform aplikasi Whatsapp. Namun pada saat itu hanya direspon dengan mengatakan bahwa layanan GIF ini merupakan konten milik dari pihak ketiga.

baca juga :

Walau Ada Unsur Hot, Fadli Zon Minta WhatsApp Tak Diblokir!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here