Ratusan Juta Akun FB Terdeteksi ‘Zombie’!

0
593
FB
Copyright ©autotekno

Ratusan Juta Akun FB Terdeteksi ‘Zombie’!

Indowarta.com – Facebook menjadi salah satu layanan yang saat ini paling banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Setelah dikritik karena mempromosikan berita palsu atau hoax, kini FB kembali diterpa isu yang cukup mengejutkan.

Facebook dihubung-hubungkan dengan akun palsu di jejaring sosial miliknya itu. Memang benar, media sosial besutan Mark Zuckerberg ini mengakui jika ada sekitar 270 juta akun palsu atau duplikat yang tersebar di platform miliknya.

Karena jumlah akun palsu yang cukup banyak itu, wajar saja hal itu menimbulkan pertanyaan. Pertamanya banyak muncul dengan menyangkutkan intergritas layanan FB yang sudah cukup lama hadir untuk memenuhi orang-orang di seluruh dunia.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Polisi Tangkap Empunya Akun FB yang Edit Foto Jokowi!

Jika bicara mengenai penggunanya, tercatat Facebook saat ini mempunyai pengguna aktif mencapai 2 miliyar pengguna. Akan tetapi dari sekian banyak penggunanya itu, ternyata 10 persen adalah akun ‘zombie’ atau akaun duplikat.

FB
Copyright©antaranews

Dengan catatan tersebut menunjukan jika angka meningkat 6 persen dari estimasi kuartal sebelumnya. Kemudian 2 persen hingga 3 persen dari total pengguna Faebook dilaporkan jika itu adalah akun palsu atau akun yang tidak terosisasi dengan akun sesungguhnya.

Angka itu sendiri juga terlihat meningkat dibangdingkan dengan bulan Juli lalu yang hanya 1 persen. Maka dapat disimpulkan 207 juta akun Facebook merupakan duplikat atau tiruan serta sebanyak 60 juta akun Facebook adalah palsu.

Sedangkan jika dilihat dari hasil keuangan untuk kaurtal III tahun ini, Facebook mengatakan memang banyak kenaikan jumlah akun palsu dan duplikat. Hal tersebut karena meningkatnya efektifitas dari algoritma yang memonitor atau mengawasi Facebook dan itu untuk mendeteksi akun palsu tersebut.

WAJIB BACA :  Akhirnya Bisa Menaruh Gambar GIF di Komentar FB Lho!

Diketahui memang banyak sekali akun palsu di media sosial saat ini. Bukan suatu hal yang mengejutkan karena membuat akun sendiri bisa dilakukan dengan cukup mudah. Bukan hanya pada FB saja, namun media sosial Twitter juga mengalaminya.

Tercatat dari sebanyak 330 juta pengguna Twitter, diperkirakan sebanyak 5 persen merupakan akun palsu. Guna mengantisipasi pertumbuhan akun palsu tersebut, Facebook bisa saja terus mengembangkan teknologi machine learning dan Arficial Intelligence atau kecerdasan buatan sehingga akun palsu bisa terdeteksi dengan mudah.

Baca juga : Gara-Gara FB Salah Terjemahkan Status, Pria Asal Palestina Ini Diciduk Polisi Israel!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here