Perusahaan Prabowo dan Sandiaga Uno Tersangkut Paradise Papers!

0
5976
Prabowo
Copyrigth©klikkabar

Perusahaan Prabowo dan Sandiaga Uno Tersangkut Paradise Papers!

Indowarta.com – Dalam laporan terbaru dari hasil kolaborasi investigasi International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ), Paradise Papers. Beberapa nama pebisnis dan pelitikus di Indonesia seperti halnya Prabowo Subianto telah masuk dalam daftar klien Appleby dan Asiaciti Trust.

BACA JUGA : SBY Ungkap Isi Pertemuan dengan Jokowi di Istana, Bahas Revisi UU Ormas!

Terkait dengan Appleby dan Asiaciti Trust merupakan firma hukum yang melakukan operasinya di Bermuda dan negara suaka pajak lainnya. Tidak hanya menyangkut sejumlah nama-nama dari Indonesia, namun dalam dokumen finansial tersebut juga berisikan beberapa nama mantan kepala negara, tokoh dunia, serta para pembisnis Internasional.

WAJIB BACA :  Sandiaga Uno Buka Suara Soal Minta Dewi Persik Buka Baju, Taktik Politik ?

Sejumlah nama tersebut sudah masuk dalam daftar terkait dengan Paradise Papers ini, lantaran mereka telah menyewa kedua firma hukum tersebut dengan tujuan untuk pendirian perusahaan di yuridiksi bebas pajak yang berada di luar negeri (offshore).

Konsorsium jurnalis ICIJ juga telah menyatakan perusahaan cangkang yang dimiliki oleh beberapa tokoh besar dalam investigasi Panama Papers, yang sudah menyangkut sekitar 1.000 nama orang yang berasal dari Indonesia pada tahun lalu.

Sekarang dari total 215 ada 40 nama orang Indonesia yang sudah ada dalam Paradise Papers, mereka diantaranya adalah politikus dan pebisnis yang telah memiliki pengaruh cukup besar untuk negara ini.

BACA JUGA : Pihak WhatsApp Tak Hadiri Undangan Mediasi KPAI Soal Gif!

Salah satu nama yang sudah disebutkan dalam Paradise Papers ini adalah Prabowo Subianto.  Dalam hal ini dirinya tercatat sebagai direktur Nusantara Energy Resources yang telah berdiri di Bermuda-negara suaka pajak yang merupakan dibawah teotori Inggris- pada tahun 2001 lalu. Berdasarkan dokumen Appleby, telah dilakukan penutupan pada tahun 2004 lalu dan merupakan “debitor buruk”

WAJIB BACA :  Prabowo diantara Jokowi dan Gatot Nurmantyo!
Sandiaga Uno
Copyright©Twitter

Tidak hanya Prabowo, namun dalam Paradise Papers ini juga tercatat nama Sandiaga Uno, dirinya merupakan pemilik perusahaan offshore dengan nama N.T.I. Resources. Tidak hanya itu, dalam catatan Panama Papers dia telah mempunyai perusahaan cangkang yang ada di British Virgin Islands.

Wahyu Dhyatmika yang merupakan wartawan Tempo juga merupakan anggota tim ICIJ sejak awal tahun lalu sudah menganalisis dokumen mengenai Paradise Papers itu. Dia menilai, memiliki perusahaan cangkang yang berada di luar Indonesia bukan merupakan sesuatu yang ilegal. Akan tetapi, mengenai komitmen transparansi dan akuntabilitas para pemilik perusahaan cangkang itu yang masih dipertanyakan.

“Menggunakan jasa law firm seperti itu mengandung derajat kerahasiaan yang tinggi, bahkan di luar sepengetahuan negara,” ujar dia, Senin (6/11/17).

BACA JUGA : Awas, Banyak Beredar WhatsApp Tiruan di Google Play Store!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here