Dukcapil Ungkap Alasan Pakai Nomor KK untuk Registrasi Kartu Prabayar!

0
817
Copyright©ThinkStock

Dukcapil Ungkap Alasan Pakai Nomor KK untuk Registrasi Kartu Prabayar!

indowarta.com – Ada sejumlah keluhan dari para masyarakat setelah pemerintah memberlakukan kebijakan baru tentang Registrasi Kartu Prabayar, atau Simcard yang digunakan pada perangkat ponsel.

Salah satu keluhanya adalah penggunaan Kartu Keluarga dan juga Kartu Tanda Penduduk untuk melakukan registrasi tersebut. penerapan penggunaaan KK ini banyak dikeluhkan oleh para masyarakat karena dinilai sangat merepotkan unutk proses Registrasi Kartu Prabayar.

Berbeda dengan KTP yang sudah biasa tersedia didalam dompet kemanapun kita pergi, berbeda dengan KK yang dalam satu rumah hanya memiliki satu saja, dan tidak mungkin kita bawa setiap saat. Dan rupanya keluhan dari masyarakat ini di amini oleh direktur utama Telkomsel.

WAJIB BACA :  Diingatkan Kembali, Ini Dampak Tak Registrasi Kartu Prabayar!

Ririek Adriansyah mengatakan jika sebagian pelanggan mereka yang berusaha melakukan Registrasi Kartu Prabayar ini pun terhambat nantinya, karena mereka tak ingat dengan nomor KK dari keluarganya.

Copyright©ThinkStock

“Cukup banyak orang tidak hapal KK (Kartu Keluarga) karena itu bukan sesuatu yang dibawa-bawa, makanya tidak hafal,” ucap Ririek seperti dikutip dari laman cnn Indonesia.

Drijen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh saat ditemui di Kementrian Komunikasi dan Informatika buka suara tentang alasan kenapa membutuhkan nomor KK dalam melakukan Registrasi Kartu SIM Prabayar tersebut. ia mengatakan jika penggunaan KK ini diperlukan untuk meningkatkan keamanan saat melakukan registrasi saja,

Zudan menambahakan, jika sejatingan penggunaan NIK sebagai alat tunggal validasi kartu SIM prabayar sangat memungkinkan. Namun ia mengingatkan NIK seseorang itu banyak beredar. Dukcapil awalnya sempat terpikir unutk menggunakan nama ibu kandung untuk melakukan Registrasi Kartu Prabayar.

Namun dari pengecekannya, tak semua penduduk ini menggunakan nama kandungnya di struktur kependudukan. Dan dari data Dukcapil per 6 November 2017 kemarin, sudah tercatat sekitar 54.347.072 NIK yang telah berhasil melakukan registrasi. Dan angka tersebut lebih banyak dibandingkan yang dimiliki oleh Kemenkominfo yang hanya memiliki 46.559.400 NIK saja.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Simpati, Indosat dan XL selalu gagal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here