JK Sebut Meme Setya Novanto Ibarat Karikatur Tak Perlu diproses Hukum!

0
941
Jusuf Kalla
Copyright©Kompas

JK Sebut Meme Setya Novanto Ibarat Karikatur Tak Perlu Diproses Hukum!

Indowarta.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai kalau meme Setya Novanto seperti halnya karikatur. Seharusnya, kata dia, sejumlah akun media sosial yang sudah membuat meme itu tidak perlu diproses hukum.

BACA JUGA : Begini Nasib Penyebar Meme Setya Novanto!

“Kalau semua meme-meme itu harus diadili, capeklah nanti pengadilan, karena begitu banyaknya meme-meme,” ujar JK di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa, (7/11/17).

Menanggapi terkait dengan meme Setya Novanto ini, JK mengungkapkan kalau meme merupakan sebuah karikatur yang sudah dibuat, serta itu merupakan sebuah ekspresi. “Itu kan semacam karikatur, dan itu ekspresi,” kata dia.

WAJIB BACA :  Alasan Ini Bisa Dijadikan Dasar KPK Panggil Paksa Setya Novanto!

Sebelumnya diketahui, kuasa hukum Setya Novanto telah melaporkan 68 akun yang diduga melakukan penyebaran meme kliennya. Sejumlah akun yang telah menyebarkan konten itu dianggap telah melakukan pencemaran nama baik Ketua DPR tersebut.

Laporan terkait dengan hal ini telah diserahkan kepada Badan Reserse Kriminal Mabes Polri dengan Nomor LP/1032/X/2017/Bareskrim pada 10 Oktober 2017 lalu. dari total jumlah akun media sosial yang dilaporkan melakukan penyebaran meme Setya Novanto ini meliputi 8 akun Facebook, 9 akun Instagram, serta ada 25 akun Twitter.

BACA JUGA : Dedi Mulyadi Siap Mundur Andaikan Elektabilitas Golkar Menurun!

Meme Setya Novanto yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit tersebut beberapa waktu lalu viral di media sosial. Tidak hanya itu, adanya tagar The Power of Setnov juga sempat viral bersamaan dengan meme tersebut.

WAJIB BACA :  Setya Novanto Sebut Ada Uang e KTP yang Masuk Ke Puan Maharani dan Pramono Anung

Masyarakat yang bereaksi karena Setya Novanto yang dapat keluar dari statusnya sebagai tersangka dalam kasus korupsi pengadaan proyek e-KTP. Dia dinyatakan bebas dari status tersebut setelah memenangkan gugatan praperadilan. Sedangkan dari pihak kepolisian sendiri akan terus melanjutkan perkara terkait dengan meme Setya Novanto tersebut.

Terlepas dari itu, JK mengatakan persoalan pokok dalam kasus Setya Novanto ini ialah penjelasan dari pihak dokter yang merawat dia. Pihak dokter sebaiknya menjelaskan mengenai kesehatan dari Ketua DPR tersebut.

“Sebenarnya kasus ini harus ada penjelasan dari dokter, harus dokter menjelaskan bahwa dia memang sakit,” tutur JK saat itu.

BACA JUGA : Buka Seminar Golkar, Setya Novanto Bicara Soal Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here