Gunung Sinabung Meletus Hebat, Abu Vulkanik Keluar Sampai 2 KM!

0
1009
Copyright©Twitter/Sutopo_BNPB

Gunung Sinabung Meletus Hebat, Abu Vulkanik Keluar Sampai 2 KM!

indowarta.com – Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara baru saja meleetus dengan hebatnya, dan bahkan karena letusan tersebut tinggi kolom abu vulkanik yang dihasilkan mencapai ketinggian dua kilometer dari puncak gunung.

Terkait Gunung Sinabung Meletus ini, informasi yang didapat dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, yakni Sutopo Purwo Nugorho mengatakan, jika letusan itu terjadi pada hari Kamis, 9 November 2017 pada pukul 11.22 WIB.

Baca juga: Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2.5 KM!

Dan melalui siaran tertulisnya, Sutopo mengatakan jika berdasarkan data yang didapat dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), saat Gunung Sinabung Meletus sempat terjadi gempa erupsi pada saat letusan itu terjadi selama 200 detik.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Letusan Lahar Gunung Sinabung Sampai desa Sukatendel!

Gunung Sinabung meletus lagi pada 9 Nov 2017, jam 11.22 WIB. Tinggi kolom abu vulkanik 2.500 meter. Lama gempa erupsi 200 detik,” ucap Sutopo dikutip dari laman Viva.

Copyright©Twitter/Sutopo_BNPB

Sutopo menambahkan, jika PVMBG kini memprediksi kemungkinan besar Gunung Sinabung Meletus kembali setelah terjadi letusan besar yang sempat membuat panik tersebut. maka kini status dari Gunung Sinabung dirubah menjadi Status Awas, dan dari kejadian itu Sutopo memastikan tidak ada korban jiwa.

“Letusan susulan berpotensi terjadi. Status Awas. Tidak ada korban jiwa,” tambah Sutopo.

Baca juga: Gunung Sinabung Meletus Lagi, Status Dinaikkan Jadi Awas!

Perlu diketahui, jika Gunung Sinabung yang memiliki ketinggian mencapai 2451 mdpl tersebut sudah mulai menggeliat sejak tahun 2010 silam, hal ini ditandai dengan peningkatan status yang kini berubah menjadi awas.

WAJIB BACA :  Berita Terkini : Mewakili Pemerintah, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa Berikan Santunan Rp 140 Juta Kepada Korban Awan Panas Gunung Sinabung !

Dan tak lama setelah hal itu, Gunung Sinabung Meletus dengan begitu dahsyat dan hingga saat ini, masih belum ada pertanda aktivitas dari Gunung Sinabung ini akan mengalami penurunan.

Dan karena hal itu, banyak warga yang ada dibawah kaki gunung pun akhirnya memutuskan untuk berpindah, karena mereka sudah terlalu lama berada di pengungsian yang dibuatkan oleh pemerintah Indonesia.

Baca juga: Cerita Dibalik Meletusnya Gunung Sinabung Semburkan Abu Setinggi 4.2 KM!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here