Upaya Pencegahan HIV/AIDS yang Dilakukan Bersama sama!

0
1099
HIV
Copyright©womenshealth

Upaya Pencegahan HIV/AIDS Yang Dilakukan Bersama Sama!

Indowarta.com – Kemenenterian Sosial meminta kepada semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama berupaya dalam meningkatkan pencegahan HIV/AIDS, karena cara ini maka akan dapat mengurangi penderita yang terus bertambah di Indonesia.

BACA JUGA : Penyebab Utama Darah Rendah yang Musti Diketahui!

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Kementerian Sosial Marjuki mengatakan, adanya peningkatan penderita pada tiap tahunnya ini disebabkan karena kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pencegahan HIV/AIDS serta sejumlah faktor pemicu penyakit itu.

“Meningkatnya angka pengidap HIV/Aids setiap tahunnya menunjukan bahwa kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pencegahan dan faktor penyebab penyakit tersebut sehingga dinilai perlu dukungan kuat dari semua kalangan,” kata dia di Medan, Senin (6/11/17).

WAJIB BACA :  Kasus HIV/AIDS Dilaporkan meningkat Tiap Tahunnya!

Pihaknya menyampaikan terkait dengan hal tersebut pada saat mengelar workshop sosialisasi pencegahan HIV/AIDS, serta pengertian tentang Peraturan Perundang-Undangan Bidang Rehabilitasi Sosial.

Marjuki mengatakan, melihat angka penderita HIV/AIDS yang setiap tahunnya mengalami peningkatan, sehingga Kementerian Sosial telah melakukan kerja sama dengan Sahabat Peduli Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) dan terus melakukan sosialisasi terkait dengan pencegahan penyakit itu.

HIV, AIDS
Copyright ©The Indian Express

Untuk pencegahan HIV/AIDS ini sangat penting, karena penyakit ini merupakan salah satu masalah kesehatan yang penderitanya cukup banyak dan terus meningkat setiap tahunnya, karena mereka akan beresiko dengan beberapa faktor, diantaranya jarum suntik, hubungan intim, dan penggunaan obat-obatan terlarang.

BACA JUGA : Manfaat Tanaman Tillandsia, Mampu Obati Kanker Sampai HIV/AIDS!

Selain itu, Marjuki menganggap untuk melakukan pencegahan HIV/AIDS ini ada beberapa cara yang paling efektif dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit tersebut, yaitu dengan cara bekerja sama dengan keluarga yang menjadi orang terdekat.

WAJIB BACA :  Manfaat Tanaman Tillandsia, Mampu Obati Kanker Sampai HIV/AIDS!

Jika para penderita dari HIV/AIDS ini rata-rata mereka berusia 15-26 tahun, merupakan usia yang masih relative mudah. Oleh karena itu, kata dia, pencegahan secara optimal dapat dilakukan jika masyarakat sudah mengerti penyebab resiko terkena penyakit tersebut.

“Penyebaran HIV/Aids bisa ditekan kalau semua masyarakat mengetahui sumber penyakit itu sehingga sejak awal sudah dihindari atau diantisipasi,” ungkapnya.

HIV sendiri merupakan kepanjangan dari Human Immunodeficiency virus.  Adanya virus tersebut dapat menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

BACA JUGA : Cerita Sedih Gadis 17 Tahun yang terserang Kanker Ovarium!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here