Kupas Soal HOAX Potongan Kanker yang Jauhi Bawang Putih!

0
1245
Eksperimen
Copyright©Instagram/detikHealth

Kupas Soal HOAX Potongan Kanker yang Jauhi Bawang Putih!

Indowarta.com – Sebuah video sempat menghebohkan media sosial beberapa waktu belakangan ini, dalam video tersebut memperlijatkan sebuah benda lembek warna hitam yang bergerak menjauhi bawang putih. Ternyata disebutkan kalau itu merupakan ‘potongan hasil operasi kanker’ yang masih hidup berada luar tubuh manusia.

BACA JUGA : 7 Wanita yang Berisiko Terkena Kanker Payudara!

Namun sejumlah ahli kanker mempertanyaan mengenai keterangan dalam video potongan kanker jauhi bawang putih tersebut. Dr Fielda Djuita SpRad(K)Onk.Rad, dari RS Cipto Mangunkusumo mengatakan, hal tersebut tidak masuk akal, karena sifat kanker masing-masing memiliki perbedaan sehingga obat yang digunakan harus berbeda.

WAJIB BACA :  Himbauan untuk Wanita Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara!

“Tapi saya rasa tidak masuk akal, satu jenis kanker dengan kanker lainnya sudah beda-beda sifatnya. Kalau gitu, taruh saja bawang putih banyak-banyak di badan kita,” ujar dr Fielda, beberapa waktu lalu.

Sedangkan Dr Sonar Soni Panegoro, SpB(K) Onk dari RS Kanker Dharmais menyatakan lebih tegas, video potongan kanker jauhi bawang putih tersebut adalah hoax. Alasannya sel apapun akan mati jika sudah berada di luar tubuh manusia, terkecuali dibiakan atau dikultur dalam media tertentu.

“Tidak mungkin bisa bergerak seperti itu. Kemudian sel kanker hidup itu warnanya putih kelabu kadang merah. Yang kehitaman kanker kulit melanoma,” kata dr Sonar.

BACA JUGA : Tak Hanya Sebabkan Sakit Gigi, Bakteri di Mulut Juga Sebabkan penyakit Lainnya Lho!

Lalu benda apa yang ada ada dalam video potongan kanker bergerak menjahui barang tersebut? Tidak akan mengerti tanpa adanya pemeriksaan langsung. Akan tetapi dari wujudnya yang lembek dengan warna kehitaman dapat diduga kalai itu ferrofluid atau ferromagnetic fluid.

WAJIB BACA :  Berbagai Tanda Kanker Payudara yang Sering Diabaikan Oleh Pengidapnya, Waspada!
Eksperimen..
Copyright©Instagram/detikHealth

Dikutip dari detikHealth, yang telah mencoba untuk membuktikan kemiripan dari benda yang disebut dalam video potongan kanker jauhi bawang putih itu. Langkah pertama slime dengan sabun cair agar tidak cepat mengeras. Kemudian menambahkan besi didalamnya dengan menggunakan toner printer laser warna hitam.

Kemudian dicampurkan ke slime hingga homogen. Agar dapat bergerak menggunakan logam neodimium (Nd). Ini akan menggerakkan slime yang sudah dicampurnakan dengan serbuk besi tersebut. slime ini akan mendekat jika berhadapan dengan kutub magnet yang berlawanan dan akan menjauh jika pada kutub magnet yang sama.

Sehingga untuk membuat slime tersebut nampak hidup, maka kutub magnet tersebut perlu untuk disembunyikan. Dan kemudian letakkan pada lipan kerta yang berupa uang sehingga nantinya akan dapat membuat benda tersebut bergerak.

WAJIB BACA :  Bawang Putih Ampuh Usir Jerawat dan Ketombe!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here