Ciri Ciri Tahi Lalat Pemicu Kanker Ganas!

0
1489
kanker kulit
Copyright©dailysylhet

Ciri Ciri Tahi Lalat Pemicu Kanker Ganas!

Indowarta.com – Kemunculan tahi lalat  secara mendadak perlu diwaspadai. Dapat saja itu menjadi salah satu pertanda adanya kanker kulit yang berjenis Melanoma yang dianggap paling berbahaya dan mudah menyebar.

BACA JUGA : Sedang Musim, Ini Manfaat dan Bahaya Buah Durian Bagi kesehatan!

Walau dalam prevalensinya cukup rendah, akan tetapi tidak ada salahnya jika anda melakukan pemeriksaan terhadap masalah tersebut untuk mendeteksi dini kanker kulit ini. Dari sejumlah jenis kanker kulit, jenis Melanoma ini yang paling mematikan.

Tidak hanya menyerang pada ras Asia saja, namun adanya kanker melanoma ini justru kebanyakan telah menyerang pada rasa Kaukasian (kulit putih, rambut merah/terang, dan mata biru). Serta Sinar ultraviolet, terutama B dan C yang juga dapat menjadi pemicu masalah kesehatan ini.

WAJIB BACA :  Emas Bisa Digunakan untuk Pengobatan Kanker?
Kanker Kulit
Copyright©news

Dr dr Aida Sofiati Dachlan Hoemardani SpKK(K) dari RS Kanker Dharmais menerangkan, kanker tersebut dapat tumbuh pada bagian manapun. Namun untuk pria kebanyakan berada di badan dan wanita berada di tungkai bawah. Sedangkan untuk kulit berwarna akan mucul pada telapak kaki.

BACA JUGA : Kupas Soal HOAX Potongan Kanker yang Jauhi Bawang Putih!

“Di telapak kaki, penyebabnya lebih karena ada trauma, bukan karena sinar UV,” jelas dr Aida saat diskusi “Terapi Terbaru Melanoma” yang digelar oleh MSD Indonesia di Jakarta, belum lama ini.

Kanker kulit jenis melanoma untuk ras Kaukasian sudah menduduki peringkat ke-6 yang paling sering ditemukan. Sehingga dengan ini, perlu adanya deteksi dini terhadap penyakit ini agar dapat disembuhkan.

WAJIB BACA :  10 Penyebab Kanker yang Harus Kamu Singkirkan!

“Pada stadium 1 dan 2 masih dapat diobati. Tetapi jika sudah masuk stadium 3 dan 4, kematian sangat tinggi. Usia tersering pasien rata-rata di atas 50 tahun. Kematian lebih tinggi pada laki-laki dibandingkan perempuan,” pungkasnya.

Aida mengatakan, yang dicari terkait dengan kanker kulit tersebut adalah tahi lalat dengan gejala ABCDE, A (tahi lalat yang A simetris ), B (B order , tepi tahi lalat tidak bulat atau beraturan), C (C olor , warna tahi lalat tidak rata, ada yang merah, cokelat, hitam), dan D (D iameter , tahi lalat lebih dari 6 mm).

BACA JUGA : Cara Mencegah Kanker Paru-paru, Kanker Kulit dan Kanker Usus!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here