Pengacara Setya Novanto Akan Tuntut KPK!

0
734
Setya Novanto
Copyright©tirto

Pengacara Setya Novanto Akan Tuntut KPK!

Indowarta.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan Setya Novanto terkait dengan kasus korupsi megaproyek KTP ekektroik (E-KTP). Ketua DPR tersebut dinyatakan ditahan oleh lembaga antirasuah tersebut selama 20 hari kedepan.

Denagan keputusan tersebut membuat kuasa hukum Novanto, Frefdrich Yunadi angkat bicara. Dia mempetanyakan wewenag KPK terkait penahanan orang nomor satu di kursi DPR RI tersebut. Selain itu dirinya juga mepertanyakan penahanan klienya tanpa melewati tahap pemeriksaan.

‘Kan dia boleh ngomong sesuka dia, tapi sekarang saya kembaikan . Sejak kapan memangnya KPK punya wewenang berdasarkan undang-undang apa serta pasal berapa bisa menahan orang tanpa harus diperiksa’ ujarnya saat ditemui di Rumah Sakit Cipto Mangunkususmo (RSCM), Jakarta Pusat pada Jumat, 17 November 2017.

WAJIB BACA :  ICW Sebut Hakim Sidang Praperadilan Setya Novanto Alami Banyak Kejanggalan!

Fredrich mengkritik penahanan Setya Novanto yang kini dalam kondisi sakit dan sedang dalam masa perawatan. Menurutnya hal tersebut merupakan pelangaran Hak Asasi Manusia (HAM). Terkait keputusan KPK menahan Novato tersebut, Fredrich mengaku akan menuntut ke pengadilan HAM Interasional.

Setya Novanto
Copyright©tstatic

‘Klien saya dalam keadaan sakit cukup serius, ini merupakan pelanggaran HAM Interasional. Kami sudah berencana untuk menuntut di pengadilan internasional dan saya akan persiapkan waktunya’ ujar Fredrich.

Pada kesempatan itu pula Fredrich juga menolak menandatangani surat penahanan yang disodorkan oleh pihak KPK. Penolakan dilakukan olehnya dengan alasan tidak adanya dasar hukum untuk dilakukan penahanan. Dia juga menganggap jika KPK dengan sepihak menyatakan penahanan kepada Novanto.

WAJIB BACA :  Novel Baswedan Buka Suara Soal Kesehatan dan Kasus Setya Novanto!

Bahkan Fredrich sempat berdebat dengan penyidik KPK terkait dengan putusan penahanan Novanto ini. Dengan sikap keras dia mempertanyakan alasan hukum atas penahanan kliennnya tersebut kepada pihak KPK yang saat itu juga ada di RSCM tempat Novanto dirawat.

Sementara itu sebelumnya juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan jika pihaknya telah menjalankan prosedur yang sah dalam penahanan serta pembantaran Setya Novanto. Dia mengatakan jika surat penahanan yang diterbitkan oleh KPK sudah diserahkan untuk berita penahanan. Bahkan surat tersebut diserahkan satu rangkap kepada istri Novanto.

Sedangkan Novanto yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar saat ini tengah dirawat di RSCM. Pria yang terjearat kasus korupsi E-KTP ini menjalani perawatan intesif setelah mengalami kecelakaan di kawasan Permata Hijau, Jakarta Barat, Jakarta Barat.

Baca juga : Karyawan Metro TV Dikabarkan Ada Di Mobil Setya Novanto!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here