Alasan Kenapa KPK Tahan Setya Novanto!

0
1196
Setya Novanto
Copyright ©radarcirebon

Alasan Kenapa KPK Tahan Setya Novanto!

Indowarta.com – Ketua DPR Setya Novanto kini resmi ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Masa penahanan akan dilakukan selama 20 hari terhitung mulai pada Jumat, 17 November 2017 hingga 6 Desember 2017 mendatang.

BACA JUGA : Kenapa KPK Bawa Setya Novanto Ke RSCM?

Penahanan akan dilakukan di Rutan Negara Klas I Jakarta Timur, Cabang KPK. Akan tetapi, lantaran masih membutuhkan perawatan lebih lanjut dan observasi medis usai mengalami kecelakaan, KPK memutuskan untuk memberlakukan pembantaran penahanan.

Setya Novanto sekarang ini sedang menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengungkapkan, penahanan dilakukan berdasarkan Pasal 21 KUHP.

WAJIB BACA :  Usai Menjalani Pemeriksaan Sebagai Tersangka, Zumi Zola Tak Ditahan KPK

“Untuk penahanan itu ada dasar hukum pasal 21, ada alasan objektif dan sukbjektif,” ucap Febri, saat jumpa pers di gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (17/11/2017).

Untuk alasan objektif ialah mengenai ancaman hukum kepada Ketua Umum Partai Golkar tersebut. sedangkan alasan subjektifnya, ada beberapa hal yang dipertimbangkan oleh penyidik, diantaranya tersangka mecoba melarikan diri, menghilangkan barang bukti, dan mengulangi perbuatannya.

Setya Novanto
Copyright©wartakota

Selain adanya alasan obyektif dan subyektif dalam penahan Setya Novanto ini, yang perlu di perhatikan adalah penyidik sekarang ini sudah memiliki sejumlah barang bukti yang cukup dari penyelidikan yang telah dilakukan.

BACA JUGA : 344 Sandera KKB Selamat dan Dibawa Ke Tembagapura!

KPK menegaskan, sudah ada barang bukti yang cukup untuk dapat menjerat Setya Novanto dalam kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP. Namun KPK enggan mengungkapkan apa saja bukti yang telah mereka miliki sekarang ini.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Temui Setya Novanto, Ridwan Kamil Akan Berduet dengan Dedi Mulyadi?

Sebelumnya, kata Febri, KPK sudah mengeluarkan surat perintah penahanan kepada Setya Novanto. Akan tetapi, pihak Novanto sendiri sudah menyatakan menolak untuk melakukan penandatanganan berita acara penahanan itu.

“Terkait dengan proses penahanan, KPK melakukan penahanan terhadap SN (Setya Novanto),” ucap Febri Diansyah.

Dalam surat penahanan yang sudah dikeluarkan oleh KPK, penahanan kepada Setya Novanto sedianya akan dilakukan di umah tahanan (rutan) Klas I Jakarta Timur cabang KPK. Dan surat penahanan tersebut langsung diajukan kepada pihak yang bersangkutan.

“Terhitung 17 November 2017 hingga 6 Desember 2017,” pungkasnya.

BACA JUGA : Tak Ada yang Bisa Besuk Setya Novanto Kecuali . .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here