Dua Skenario Pergantian Ketua DPR Versi Golkar Saat Setya Novanto Ditahan!

0
852
Copyright©tribunmedan

Dua Skenario Pergantian Ketua DPR Versi Golkar Saat Setya Novanto Ditahan!

Indowarta.com – Nampaknya pergantian Ketua DPR akan segera dilakukan setelah Setya Novanto ditetapan menjadi tahanan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).Pernyataan tersebut juga diungkapakan oleh Wakil Sekertaris Jenderal Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily.

Dia mengatakan Partai Golkar akan melakukan konsolidasi internal guna menentukan pengganti Novanto sebagai Ketua DPR RI. ‘Golkar pertama harus melakukan konsolidasi politik setalah SN ditahan. Itu dilakukan ada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar segera mengambil sikap guna perlu atau tidak penonaktifan sementara ketua umumnya’ ujarnya saat ditemui pada Senin, 20 November 2017.

Ace menambhakan, setelah dilakukan konsolidasi, langkah selanjutkan akan dilakukan pembicaraan politik yakni mengenai penggantian Ketua DPR yang memang menjadi hak Golkar. Menurutnya hal itu tetap harus dibahas dalam rapat internal DPP Golkar.

WAJIB BACA :  Ekspresi Setya Novanto Saat Dengarkan Eksepsi Sidang Hari Ini!

Dia mengatakan ada dua kemungkinan yang akan terjadi jika dilakukan rapat intenal DPP Golkar tersebut. Kemungkinan pertama pembahasan pergantian Ketua DPR yang dijabat oleh Novanto itu dilakukan tanpa adanya ketua umum definitif setelah Novanto dinonaltifkan.

Setya Novanto
Copyright©nasionalkompas

Dengan itu maka Golkar secara otomatis akan menujuk pelaksana tugas terlebih dahulu serta langsung dilakuan pembahsan pergantian Ketua DPR. Kemudian kemungkinan yang kedua yakni pergantian Ketua DPR dilakukan setelah ketua umum definitif terpilih melalui musyawarah nasional luar biasa (munaslub).

Ace mengatakan jika yang terpilih adalah opsi yang kedua bisa saja ada penunjukan pelaksana tugas ketua DPR sementara hingga Golkar selesai memilih ketua umum definitif serta menentukan siapa yang menjadi Ketua DPR. ‘Kalau menurut saya karena menyangkut DPR yang mewakili rakyat, maka sebaiknya ketua DPR itu merupakan figur yang bersih. Artinya dia bukan kontroversi serta tak pernah terjerat korupsi’ ujarnya.

WAJIB BACA :  Viralnya Foto Pose Setya Novanto Lagi Menelpon Tapi Di Layar Smartphone Buka WhatsApp!

Sementara itu terkait isu pergantian Ketua DPR ini mulai bersuara setelah Setya Novanto ditetapkan menjadi tahanan KPK. Saat ini pria 62 tahun itu ditahan di rumah tahanan (Rutan) KPK setelah dijemput di Rumah Sakit Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Novanto sendiri sempat dirawat intensif di RSCM setelah menagalami kecelakaan di kawasan Permata Berlian, Jakarta Kamis, 16 November 2017. Dia mengalami luka di bagaian kepala setalah mobil yang ditumpanginya menghantam tiang listrik.

Baca juga : Ekspresi Wajah Setya Novanto dan Bekas Benjolan ‘Bakpao’ Ketika Tiba di KPK!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here