Alasan Kenapa iPhone X Tak Punya Tombol Home!

0
14226
iPhone X
Copyright©tribunnews

Alasan Kenapa iPhone X Tak Punya Tombol Home!

Indowarta.com – Hadirnya produk pling baru Apple yakni iPhone X sungguh menyita perhatian banyak orang. Bukan hanya fitur dan harganya saja, namun soal desain pun juga mengudang banyak komenatar.

Jika dilihat secaara seksama produk baru Apple ini tidak memiliki tombol Home fisik, atau tidak sama dengan generasi iPhone sebelumnya. Sontak publik pun sempat dibuat bertanya-tanya dengan tak adanya tombol home ini

Alasan dihilangkan tombol home pada iPhone X ini sendiri juga dijelaskan oleh Chief Design Apple, Jony Ive. Dia menuturkan penghilangan tombol Home merupakan suatu yang memang harus dilakukan oleh perusahaan.

Menurutnya jika perubahan tidak dilakuan, justru Apple melakukan kesalahan. Pernyataan ini pun bisa disimpulkan jika Apple memberikan kesan menjadi pemimpin tren dan inovasi. Dengan langkah ini, Ive menilai justru banyak ditirukan oleh vendor samartphone lainnya.

iPhone X
Copyright©jalantikus

Selain itu Ive juga mengungkapakan jika Apple bukanlah perusahaan yang takut mengambil resiko. ‘Saya menilai berjalan dengan fitur-fitur yang efektif merupakan jalan menuju kegagalan. Itu merupakan jalan yang kurang beresiko dan jalan terasa lebih aman’ ujarnya.

Seperti diketahui pada iPhone X tidak didapati tombol home layaknya smartphone lainnya. Hal ini sontak menyedot banyak perhatian dan tak sedikit yang mengkritik Apple karena perubahan itu. Banyak pula yang beranggapan tak adanya tombol Home dan sensor sidik jari akan mempengaruhi penggunanya.

Menurut Ive perubahan atau inovasi yang dilakukan Apple memang tak mudah diterima oleh penggunanya. Perubahan seperti itu kebanyakan terjadi pada fitur-fitur yang telah memperoleh sukses dan diterima oleh banyak orang.

Cukup diketahui padakeluaran iPhone sebelumnya tombol home masih terpasang layaknya smartphone lain. Tombol home tersebut dapat digunakan oleh para pengguna untuk melakuan berbagai hal mulai dari membuka layar multi-tasking, mengakses layar home dan membuka kunci perangkat dengan sesnsor didik jari yakni Touch ID.

Sementara itu pada iPhone X ini, semua itu akan digantikan dengan berbagai gerakan. Salah satunya yakni dengan melakukan gerakan menggeser layar dari bagian bawah ke atas untuk kembali ke layar Home. Sensor sidik jari diganti denga fitur peminadai wajah atau Face ID.

Baca juga : Dijual di Indonesia, Harga iPhone X Bikin Merinding!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here