BMKG Prediksi Hujan Akan Turun di Bandung Sampai Bulan Mei Tahun Depan!

0
777
Hujan
Copyright ©Ist

BMKG Prediksi Hujan Akan Turun di Bandung Sampai Bulan Mei Tahun Depan!

Indowarta.com – Badan Meteorologi, Kimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperdiksi untuk cuaca di Kota Bandung. Kemungkinan kota tersebut akan diguyur hujan dalam kurun waktu tujuh bulan terhitung mulai bulan Oktober 2017 hingga bulan Mei 2018 mendatang.

BACA JUGA : UMK Ditetapkan, Buruh Jabar Lakukan Aksi Demo!

“Untuk puncak curah hujan akan terjadi November ini dan Maret nanti,” ujar Kepala BMKG Kelas 1 Bandung Toni Agus Wijaya saat acara Bandung Menjawab yang digelar di Taman Sejarah Kota Bandung, Selasa (21/11/2017).

Toni menilai kalau kondisi cuaca dan iklim yang akan terjadi di kawasan ini berubah-ubah. Sehingga dengan itu, pola hujan yang akan terjadi di Kota Bandung tidak akan teratur seperti halnya yang tejadi pada 30 tahunan lalu.

WAJIB BACA :  Ada Retakan Baru di Gunung Anak Krakatau Mungkin Bisa Sebabkan Tsunami !

Terkait dengan ini, kata Toni, sudah disebabkan oleh anomaly dan kondisi lingkungan yang ada di dunia, sehingga sudah berimbas pada cuaca serta iklim yang akan terjadi di Indonesia, yang salah satunya adalah Kota Bandung.

“Kalau dilihat intensitas hujan tinggi yang lebat di Kota Bandung itu hanya tiga hari sisanya hujan rungan. Saat ini cuaca dan pola hujan sangat cepat berubah,” ujar Ketua BMKG Kelas 1 Bandung tersebut.

Hujan
Copyrigth©ilustrasi

Untuk dapat mengantisipasi adanya cuaca yang sekarang ini berubah-ubah, pihak BMKG akan melakukan sejumlah usaha, yang salah satunya adalah dengan terus melakukan update perkiraan cuaca minimal satu jam sekali. Hal ini akan sampaikannya melalui media sosial Twitter.

WAJIB BACA :  BMKG Prediksi Gelombang Tinggi bakal Terjang 34 Perairan di Indonesia !

BACA JUGA : BMKG Bantah Beri Pengumuman Gunung Agung Meletus Malam Ini!

Sekarang ini masyarakat sudah dapat mengunduh aplikasi Info BMKG, sehingga update terbaru mengenai cuaca di Kota Bandung dan beberapa wilayah lainnya juga akan di rilis pada aplikasi tersebut. Terutama pada saat siang dan sore hari karena cuaca ekstrem bisa saja terjadi.

“Khusus untuk cuaca ekstrem kita bisa deteksi satu jam sebelumnya. Update cuaca ini harus cepat karena kita berkoordinasi dengan instansi lain mengantisipasi kondisi itu,” tutur Toni.

Sebelumnya diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah menyediakan aplikasi Info BMKG yang dapat digunakan masyarakat untuk mengetahui perkiraan cuaca di kawasan Indonesia. Aplikasi tersebut sudah dapat di unduh untuk pengguna Android dan iOS.

BACA JUGA : Berbagi Prakiraan Cuaca, Aplikasi BMKG Muncul di Android dan iOS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here