Kenapa Hari Guru Nasional Jatuh Pada Tanggal 25 November?

    0
    2120
    hari-guru
    Copyright© ketemulagi.com

    Kenapa Hari Guru Nasional Jatuh Pada Tanggal 25 November?

    Indowarta.com – Setiap tanggal 25 November 2017 telah menjadi peringatan Hari Guru Nasional. Mungkin masih banyak yang masih belum mengatahui kenapa tercetus pada tanggal tersebut? Berikut kita akan kupas mengenai sejarahnya.

    BACA JUGA : Makna Peringatan 1 Muharram, Tahun Baru Islam yang Jatuh Pada Tanggal Petang Hari Rabu 20 September 2017!

    Ternyata Hari Guru Nasional sudah diperingati sejak tahun 1994, setelah adanya keputusan presiden, yaitu pada Kepres No. 78 Tahun 1994 dan juga ditulis di UU No. 14 tahun 2005 terkait guru dan dosen yang ditatapkan pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang peringatannya bersamaan dengan hari ulang tahun PGRI.

    WAJIB BACA :  Inilah Sejarah Hari Guru Nasional 25 November yang Musti Kamu Ketahui !

    Sehingga pada 25 November pada setiap tahunnya telah diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Akan tetapi sayangnya dalam peringatan hari penting ini tidak ada peringatan khusus yangs udah dilakukan, maka wajar jika masih banyak yang tidak mengetahui mengenai hari nasional ini.

    Sejak pemerintahan Belanda, nama perkumpulan guru sudah terbentuk. Pada saat itu diberi nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912. Dalam perkumpulan ini beranggotana guru bantu, guru desa, kepala sekolah dan lain-lain.

    Hari Guru
    Copyright©obatrindu

    Lalu pada tahun 1932, perkumpulan para guru ini berkeinginan untuk membantuk negara sendiri, kemudian mereka merubah nama perkumpulannya menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

    BACA JUGA : BPJS Kesehatan Sosialisasikan Jaminan Kesehatan di 9 Universitas!

    Setelah itu, Hari Guru Nasional mulai tecetus pada tanggal 24-25 Novemer 1945, dua bulan setelah kemerdekaan Indonesia. Para guru kemudian membentuk kongres guru untuk memberikan dukungan kepada kemerdekaan Indonesia yang dilakukan di Surakarta. Kongres ini sendiri beranggotakan para guru yang sedang mempertahankan pendidikan di Tanah Air pada saat penjajahan.

    WAJIB BACA :  Berita Terkini: Secercah Harapan Menteri Pendidikan Saat peringati Hari Guru Nasional Hari Ini !

    Mereka semua merupakan seorang guru yang masih aktif mengajar pendidikan, pegawai pendidikan, pengsiunan para pejuang, dan beberapa diantaranya. Kemudian pada tanggal 25 November mereka telah menyebutnya dengan nama PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia.

    Namun pada saat itu, masih belum ada keputusan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menjadikan tanggal 25 November sebagai hari resmi nasional. Hingga pada akhirnya tahun 1994, dalam situs resmi PGRI telah dicetuskan kalau tanggal 25 November merupakan Hari Guru Nasional.

    BACA JUGA : Bagaimana Jadinya Jika Anda Nunggak BPJS Kesehetan?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here