Dampak Abu Vulkanik Letusan Gunung Agung Pada Tubuh!

0
677
Gunung Agung
Copyright©ekliptika

Dampak Abu Vulkanik Letusan Gunung Agung Pada Tubuh!

Indowarta.com – Pada Selasa, 21 November 2017 kemarin, Gunung Agung kembali menunjukkan aktivitas erupsinya. Kali ini mengeluarkan semburan abu vulkanik hingga mencapai ketinggian 3.031 meter dari permukaan laut.

BACA JUGA : BMKG Prediksi Hujan Akan Turun di Bandung Sampai Bulan Mei Tahun Depan!

Masyarakat sekitar kawasan tersebut harus tetap mewaspadai akibat dari abu vulkanik yang dikeluarkan gunung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali ini. Akan menimbulkan dampak negatif jika sampai terkena tubuh.

Dikutib dari Carleton.com, abu vulkanik merupakan efek yang paling mematikan pada saat gunung meletus. Hal itu karena dalam abu vulkanik mengadung sejumlah gas beracun yang sangat berbahaya bagi mahluk hidup.

WAJIB BACA :  Alasan Kenapa Jokowi Cabut Status Darurat Gunung Agung!

Kandungan dalam abu vulkanik meliputi beberapa partikel dan gas berbahaya, diantaranya aerosol, sulfat, karbondioksida, asam hidroflourik, dan asam hidroklorik. Disamping itu, efek yang disemburkan oleh gunung berapi seperti Gunung Agung ini juga dapat mengganggu pandangan dan menurunkan penglihatan untuk seseorang yang membawa kendaraan.

Jika seseorang menghirup abu vulkanik dari Gunung Agung ini maka dapat menimbulkan efek yang sangat bahaya, karena kandungan aerosol dan sejumlah gas beracun pembentuknya akan menganggu kesehatan tubuh manusia. Sejumlah efek yang ditimbulkan seperti gangguan penglihatan, iritasi pada kulit, dan gangguan pernafasan.

  1. Simtom gangguan pernapasan (jangka pendek)

– Hidung berair, sesak napas, kemungkinan bronkitis, sakit tenggorokan dan batuk-batuk.

  1. Simtom gangguan penglihatan (jangka pendek)
WAJIB BACA :  Banyuwangi Siap Tampung Pengungsi Gunung Agung!

– Mata merah dan gatal- abrasi kornea atau goresan (dapat menyebabkan konjunctivitis)- robekan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here