Terungkap, Ini Penyakit yang Bikin BPJS Kesehatan Boros Keluarkan Anggaran!

0
922
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek
Copyright ©klikkabar

Terungkap, Ini Penyakit yang Bikin BPJS Kesehatan Boros Keluarkan Anggaran!

Indowarta.com– Menteri Kesehatan Nila F Moeloek telah memberikan dorongan terhadap peneliti Indonesiai ini lebih banyak ini melakukan banyak penelitian mengenai dampak dari tembakau terhadap kesehatan dan juga biaya kesehatan. Terlebih lagi menurut data dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan ini penyakit kardiovaskuler (jantung, stroke) ini telah menempati posisi teratas dengan biaya yang terbesar.

Baca Juga Ditjen Pajak Bakal Seldiki Orang Penting Indonesia yang Masuk daftar Paradise Paper!

Nila dalam peluncuran buku yang diterbitkan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan di Jakarta pada hari Rabu 22 November 2017 ini telah mengatakan “Selama ini bicara dampak tembakau selalu mengutip penelitian dari luar negeri. Padahal bicara tentang dampak tembakau di Indonesia, tetapi mengutipnya hasil penelitian dari luar”.

WAJIB BACA :  Mengapa BPJS Kesehatan Selalu Defisit, Ini Alasannya!

Menurut Nila, di dalam era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan ini seharusnya dampak dari tembakau terhadap kesehatan dan juga biaya kesehatan ini akan bisa lebih mudah dikaji lagi.

BPJS Kesehatan
Copyright ©Google

Nila telah memberikan contoh pada saat dirinya berkunjung ke Rusia, angka kasus penyait tuberkoosis di negara tersebut sangatlah tinggi. Setelah pemerintah setempat melakukan kajian, ternyata angka tuberkolosis yang sangat tinggi itu berkaitan dengan perilaku konsumsi minuman berakohol dan juga merokok.

Baca Juga 5 Jenis Tren Bisnis Jaman Now yang Patut Digeluti!

Nila telah mengatakan “Mungkin di dalam negeri juga bisa dilakukan kajian dan penelitian karena angka perokok di Indonesia juga tinggi”. Nila mengatakan bahwa berbicara mengenai tembakau atau rokok ini tidak akan pernah selesai karena ada dua sisi yang slaing bertentangan yakni kesehatan dan juga sisi ekonomi.

WAJIB BACA :  BPJS Ketenagakerjaan Beri Peningkatan Perlindungan Untuk TKI!

Nila telah mengatakan “Kita juga menghadapi masalah `stunting` yang lintas sektor dan saat ini dikoordinasikan langsung di bawah Wakil Presiden. Barangkali permasalahan tembakau juga perlu dikoordinasikan langsung oleh Wakil Presiden”.

Lembaga Penerbit Badan Peneliti dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan ini telah menerbitkan buku yang berjudul “Health and Economic Cost of Tobacco in Indonesia”. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes Siswanto sendiri telah mengaku bahwa buku tersebut merupakan hasil dari kerjasama antara para peneliti dari Balitbangkes dan juga perguruan tinggi.

baca juga : 

Dirut BPJS Kesehatan Buka Suara Soal Rugi Rp 9 Triliun!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here