Papua Bakalan Punya Stadion Terbesar Kedua Di Indonesia Usai GBK!

0
4576
Papua
Copyright©scyscrape

Papua Bakalan Punya Stadion Terbesar Kedua Di Indonesia Usai GBK!

Indowarta.com – Sepertinya masyarakat Papua patut berbangga karena mereka akan memiliki stadiun terbesar kedua setelah Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta. Stadion yang bernama ‘Stadion Papua Bangkit’ ini kini masih dalam tahap pengerjaan dan ditargetkan akan selesai akhir tahun 2018 mendatang.

Mengenai stadion ini juga dijelaskan oleh Project Manager PT PP (persero) Dwi Ali Wicaksono. Dia menuturkan proyek ini mulai dibangun pada akhir tahun 2016 lalu. Hingga kini pembangunan masih terus berlangsung dan telah selesai 29 persen.

‘Saat ini sudah mencapai 29 persen, jauh lebih cepat dibandingkan dengan yang direncanakan. Sebelumnya rencannya pada bulan ini selesai 20 persen’ ujarnya saat ditemui di Jayapura, Papua pada Kamis, 23 November 2017.

WAJIB BACA :  3 Prajurit TNI Gugur dalam Kontak Senjata dengan Kelompok Bersenjara di Papua !

Dwi juga mengatakan jika proyek pembangunan stadion di Papua ini mencapai Rp 1,3 triliun. Untuk lahannya sendiri total 13,7 hektare (ha) dengan luas stadion utama mencapai 71.697 meter persegi.

Papua
Copyright©basionalnews

Bukan hanya itu saja, kompleks stadion juga dilengkapi dengan lapangan latihan seluas 13 ribu meter persegi dan bangunan utility seluas 450 meter persegi. Dwi mengungkapkan jika bagunan stadion yang berlokasi di Nolokla, Sentani, Jayapura ini mampu menampung penonton hingga 40 ribu orang. Dengan kapasitas tersebut bisa dikatakan Stadion Papua Bangkit ini menjadi stadion terbesar kedua di Indonesia setelah GBK yang berkapasitas 80 ribu penonton..

Stadion Papau Bangkit sendiri ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2018. Stadion ini sendiri dipersiapkan untuk gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 karena Papua akan menjadi tuan rumah gelaran olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

WAJIB BACA :  Di Kampung Yabosorom, Satu Orang Pertugas Kesehatan Dibunuh KKB

‘Kami menargetkan akan selesai akhir 2018. Stadion ini dipersiapkan untuk PON 2020, jadi bulan Desember 2018 semua harus selesai sesuai dengan kontrak’ sambung Dwi.

Sementara dalam pengerjaannya sendiri ini kendala yang dihadapi itu hanya waktu di awal saja. Pada April dilakukan upacara adat untuk memulai kegiatan bersama semua pihak, termasuk kepala suku, Ordoafi, Ondofolo , masyarakat dan gubernur juga mengikutinya.

Sepertinya stadion sendiri akan dicat warna putih dan 45 ribu kursi yang ada akan dicat warna merah. Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe pun memastikan PON tetap akan dilaksanakan di Papua. Kepastian tersebut dibuktikan dengan dibangunnya stadion Papua Bangkit ini dan pihaknya akan mempersiapkannya secara bernar-benar karena untuk menjadi pelaksana momentum olahraga nasional empat tahunan ini tidak mudah.

Baca juga : Aksi Premanisme di GBK Dibeking Oleh Aparat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here