Siapakah Calon Pengganti Panglima TNI Gatot Nurmantyo?

0
1071
Siapakah Calon Pengganti Panglima TNI Gatot Nurmantyo
Copyright©Rmol

Siapakah Calon Pengganti Panglima TNI Gatot Nurmantyo?

Indowarta.com – Masa pensiun pasti ada, kali ini dikabarkan dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun. Akhirnya Presiden Jokowi sedang menyiapkan pengganti Jenderal Gatot, kira-kira siapa Calon Panglima TNI?

Diketahui Jenderal Gatot akan habiskan pensiun pada Maret 2018 mendatang. Meski demikian, untuk pengganti Gatot harus disiapkan sejak jauh-jauh hari karena menurut aturan dan proses pergantian sebagai Panglima TNI akan butuh waktu Presiden juga haru meminta rekomendasi dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Baca Juga Akan Dampingi Khofifah, Emil Dardak Disebut Punya Potensi Jadi Pemimpin Besar!

Dalam aturan itu telah ditentukan pada Undang-Undang No 34 Tahun 2004 tentang TNI. Pasal 13 ayat 5 yang dijelaskan, presiden mengusulkan satu orang calon panglima untuk dapatkan persetujuan DPR. Disebutkan juga pada pasal yang sama tentang persetujuan DPR terhadapa calon Panglima yang sudah dipilih presiden paling lambat 20 hari terhitung sejak ada permohonan persetujuan calon panglima diterima oleh DPR. Untuk waktu ini juga tidak termasuk dalam masa reses di Dewan.

WAJIB BACA :  Akan Tunjuk Marsekal Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI, Jokowi Kembalikan Tradisi Rotasi !
Siapakah Calon Pengganti Panglima TNI Gatot Nurmantyo
Copyright©YouTube

Adapun pengungkapan dari Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin, “Sampai hari ini belum kita berharap segera karena masa sidang sekarang ini tak lebih dari satu bulan. Desember kita sudah reses lagi, padahal itu memerlukan waktu 2 minggu. Mulai masuk ke pimpinan DPR, kemudian dibawa ke sidang paripurna, kemudian di Bamus, kemudian di Komisi I, lalu siapkan fit and proper test, kembalikan ke DPR untuk diparipurnakana. Itu 2 minggu.”

Baca Juga NU Siapkan Nama Nama Pengganti Khofifah!

Adapun prediksi dan juga pendapat yang sudah muncul tentang perwira tinggi yang sudah memiliki peluang dalam menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Diketahui pada Pasa 13 ayat 4 UU TNI telah disebut Panglima TNI ini bisa dijabatkan secara gantian oleh perwira tinggi aktif untuk setiap angkatan yang sudah pernah menjabat sebagai kepala staf angkatan.

WAJIB BACA :  Gatot Nurmantyo: Ada Tawaran Dari Prabowo Subianto Untuk Bergabung Partai Gerindra

Nampaknya bukan hanya perwira tinggi bintang empat yang bisa memiliki peluang sebagai panglima TNI. Presiden juga bisa pilih perwira tinggi bintang tiga untuk gantikan Jenderal gatot. Tetapi adapun syarat yang tertera, presiden harus angkat perwira tinggi bintang tiga yang ditetapkan sebagai kepala staf meskipun hanya menjabat satu hari sekalipun.

Siapa Calon Panglima TNI yang akan gantikan Jenderal Gatot? Hal tersebut hanya Jokowi yang tahu. Tetapi sebelumnya dia harus kirimkan perwira tinggi bintang empat sebagai pilihannya ke DPR. “ya, mekanismenyakan ada. Nanti kita akan lakukan mekanisme ke DPR ditunggu saja,” kata Jokowi.

Baca Juga Pengacara Setya Novanto Bakalan Lapor Polisi Soal Mahfud MD!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here