Wajangan Kemendikbud di Hari Guru Nasional, Ajari Lima Nilai Utama Pendidikan!

    0
    745
    Wajangan Kemendikbud di Hari Guru Nasional
    Copyright©republika

    Wajangan Kemendikbud di Hari Guru Nasional, Ajari Lima Nilai Utama Pendidikan!

    Indowarta.com – Hari ini tepat dimana Hari Guru Nasional, pihak Kementrian Pnedidikan dan Kebudayaan telah meminta supaya guru ajarkan lima nilai utama dalam penguatan pendidikan karakter diantaranya yaitu Integritas, gotong royong, mandiri, nasionalis, dan religius.

    Adapun penjelasan dari Staf Ahli Mendikbud Bidang Pembangunan Karakter bernama Arie Budhiman, pada saat membicarakan tentang penumbuhan nilai-nilai karakter maka yang tertera dalam pasal 3 peraturan presiden (Perpres) 87/2017 tentang PPK telah disebutkan bahwa terdiri dari 18 karakter.

    Baca Juga Jokowi Akan Resmikan Bandara Internasional Silangit Hari Ini!

    Lantaran dalam konteks yang sudah tertera dalam peraturan perundang-undang 18 karakter tersebut, ungkapnya, telah dilakukan kristalisasi yang memiliki dasar nilai-nilai dan juga aktualisasi pancasila.

    Wajangan Kemendikbud di Hari Guru Nasional
    Copyright©republika

    Oleh karena itu kini menjadi lima nilai utama yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. “ kelima nilai ini bukan yang terpisah namun nilai yang menjadi satu kesatuan,” tuturnya pada saat acara pembukaan pameran Hari Guru Nasional 2017 di jakarta.

    Dia juga telah mengingatkan kalau untuk setiap satuan pendidikan telah diberikan ruang kreativitas untuk menciptakan ataupun merusmuskan nilai-nilai utama yang tersendiri. Dalam artian dia meminta nilai ini harus tetap dipastikan tak akan pernah keluar dari kelima akar nilai ini.

    Baca Juga Kata Kata Mutiara Untuk Peringati Hari Guru Nasional 25 November 2017!

    Dia juga telah menambahkan ada kebijakan publik tentang penguatan nilai karakter dan tidak akan ada artinya bila sang guru tak mampu lakukan transformasi kebijakan publik menjadi kebajikan publik.

    Ungkapnya,”Dengan kebajikan publik Insya Allah tentu saja upaya-upaya penguatan pendidikan karakter akan tercapai.” Adapun pengungkapannya, bahwa para guru nantinya akan bisa tumbuhkan anak-anak generasi emas pada tahun 2045 yang memiliki nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Mari didik anak kita dengan hal-hal yang baik dan tak lupa dengan ajaran agama masing-masing.

    Baca Juga Alasan Kenapa Hari Guru Nasional Jatuh Pada Tanggal 25 November!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here